(pelitaekspres.com) –TUBA- Polres Tulang Bawang dan jajaran menggelar aksi simpatik membantu para korban terdampak bencana angin puting beliung, Minggu (17/3/2024).

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadilah Astutik mengatakan, kegiatan ini difokuskan di 2 lokasi terdampak yakni, RT 3 RW 10 Dusun Pasir Sari Kampung Pasiran Jaya, Kecamatan Dente Teladas dan Kampung Gedung Karya Jitu RK 6 RT 02 RT 03 Kecamatan Rawajitu Selatan.

“Kegiatan kepolisian simpatik ini sebagai bentuk mitigasi pasca bencana, serta merupakan implementasi kehadiran polisi di tengah masyarakat serta bentuk kepedulian dan rasa kemanusiaan kepada sesama yang membutuhkan bantuan,” ujarnya dikonfirmasi.

Dalam kegiatan ini, Umi menjelaskan, personel Polres Tulang Bawang bergotong-royong bersama warga membersihkan puing-puing bangunan rumah warga terdampak angin puting beliung.

Kemudian petugas juga menyiapkan tim kesehatan dari Sidokkes Polres Tulang Bawang, untuk memberikan bantuan dan pelayanan kesehatan kepada warga di lokasi terdampak.

“Kami juga memberikan bantuan sosial berupa sembako kepada warga terdampak angin puting beliung,” pungkasnya.

Lebih lanjut Tim Trauma Healing dari Polres Tulang Bawang juga melakukan trauma healing kepada warga, khususnya anak-anak yang terdampak bencana.

Seiring dengan kegiatan ini, Umi turut mengimbau kepada masyarakat tetap waspada dan mengantisipasi terhadap cuaca ekstrem terjadi akhir-akhir ini.

“Warga harus tetap waspada dan mengantisipasi bila sewaktu-waktu kembali terjadi angin puting beliung,” tandas kabid humas.(Red)