Home / Komando / Polres Tanjungbalai Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2022 ‘Dalam Rangka Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa’

Polres Tanjungbalai Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2022 ‘Dalam Rangka Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa’

(pelitaekspres.com) -TANJUNGBALAI-  Kapolres Tanjungbalai AKBP Triyadi SH SIK memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Toba 2022.Kegiatan dilaksanakan pada Hari Senin Tanggal 13 Juni 2022, sekira Pukul 08.10 WIB di Halaman apel depan Polres Tanjungbalai.

Dalam Amanat dari Bapak Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ. Panca Putra S yang dibacakan oleh Kapolres Tanjungbalai “Penggelaran Operasi Patuh Toba 2022, bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan dan angka fatalitas lalu lintas serta meningkatkan kepatuhan, ketertiban dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas diwilayah Provinsi Sumatera Utara,” Kata Kapolres.

“Adapun sasaran Operasi Patuh Toba 2022 yaitu kendaraan bermotor yang tidak layak jalan dan kendaraan yang digunakan untuk balap liar.Kendaraan bermotor yang tidak sesuai standar pabrikan, menambah panjang rangka atau merubah spektek. Kendaraan bermotor pribadi yang menggunakan sirine atau rotator / strobo bukan untuk peruntukannya dan Nomor registrasi kendaraan bermotor yang tidak sesuai aturan atau spektek,” kata Kapolres Tanjungbalai.

Cara bertindak yang harus dilaksanakan pada Operasi Patuh Toba 2022, sebagai berikut  Melaksanakan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat rawan macet, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.  Melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat terkait kemseltibcar pantas melalui kegiatan sosialisasi, pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker serta sosialisasi melalui media cetak, elektronik dan media sosial. Memberikan edukasi dan membangun  kesadaran masyarakat untuk tertib dalam berlalu lintas,” sambungnya.

Lebih lanjut, kata Kapolres, Memanfaatkan perangkat Regional Traffik Management Center (RTMC) sebagai sarana untuk melaksanakan penegakan hukum secara elektronik dengan menggunakan sistem etle. Melakukan counter opinion terhadap berita berita hoaks dimedia sosial online maupun mainstream terkait operasi patuh toba 2022.

“Beberapa penekanan saya untuk dipedomani dan dilaksanakan sebagai berikut  Laksanakan tugas secara profesional, bermoral dan humanis untuk mendapatkan simpati dari masyarakat. Optimalkan kegiatan analisa dan evaluasi secara rutin untuk mengukur tingkat Keberhasilan serta menentukan solusi atas kendala yang dihadapi,” ungkap Kapolres.

Disamping itu Kapolres menyebutkan, tingkatkan pengawasan dan pengendalian selama pelaksanaan operasi sehingga dapat berjalan dengan tertib, lancar dan senantiasa mempedomani standar operasional prosedur yang berlaku. Berikan arahan secara jelas kepada anggota yang terlibat operasi sehingga tidak melakukan tindakan yang kontra produktif terhadap citra institusi polri. Utamakan faktor keamanan dan keselamatan bagi diri sendiri serta penggunaan jalan lainnya,” tegas Kapolres Tanjungbalai AKBP Triyadi SH SIK menyampaikan arahan Kapolda Sumut (Doni).

About admin adminku

Check Also

Wakapolda Lampung Diwakili Kabid Humas Polda Lampung, Dengarkan Aspirasi Jum’at Curhat Warga Hanura

(pelitaekspres.com) –PESAWARAN- Waka Polda Lampung Brigjen Pol Dr Umar Efendi .S.I.K ,.M.Si Melaksanakan Jum,at Curhat …

Tinggalkan Balasan