(pelitaekspres.com)- BLITAR – Operasi Ketupat Semeru 2024 di depan halaman Kantor Walikota Blitar. Tujuan dilakukan kegiatan tersebut adalah dalam rangka pengamanan idul fitri 1445 H tahun 2024 di wilayah hukum Polres Blitar Kota.

Total 494 personil gabungan yang dilibatkan dalam pelaksanaan operasi ketupat semeru 2024 di wilayah hukum Polres Blitar Kota. Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo P.S S.H S.I.K mengatakan, pelaksanaan operasi ketupat semeru 2024 berlangsung mulai tanggal 04 April hingga 16 April 2024.

“Ada 494 personil gabungan dari TNI, Polri, Dishub dan lainnya yang diterjunkan dalam pelaksanaan operasi ketupat semeru 2024. Satgas juga disiapkqn sebanyak lima tim,” kata dia Rabu Sore (03/4/2024).

AKBP Danang menambahkan bahwa fokus pengamanan kali ini adalah kamseltibcarlantas dan gangguan kamtibmas dimasyakarat.

“Ada dua hal yang akan kami fokuskan dalam operasi ketupat semeru 2024 yang berlangsung mulai besok yaitu kamseltibcarlantas dan gangguan kamtibmas yang ada di masyarakat,” imbuhnya

AKBP Danang menyebut, tujuh pos utama pengamanan dalam Operasi Ketupat Semeru 2024 di wilayah hukum Polres Blitar Kota.

“Ada satu pos pelayanan di PIPP Kota Blitar dan lima titik pos pengamanan dalam Operasi Ketupat Semeru 2024 di wilayah hukum Polres Blitar Kota. Kelima titik pengamanan, yaitu pos di Alun-alun, lalu di Terminal Patria serta dua pos pengamanan jalur lintasan di Srengat dan dikawasan Wisata Penataran Nglegok dan satu pos khusus Operasi Ketupat Semeru di Ruang K3i Mapolres Blitar Kota,” ujarnya.

Untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas bagi pemudik, ratusan personil itu mulai bertugas pada Kamis (4/04/2024) untuk memantau arus mudik dan memberikan layanan kepada masyarakat atau pemudik.

Lebih lanjut ia menambahkan, untuk kamtibmas kemananan perumahan, pariwisata dan tempat ibadah turut diperhatikan.

“Kami mengimbau masyarakat untuk turut menjaga kondusifitas selama idul fitri 1445 H 2024 ini,” pungkasnya. (Res/Mst)