(pelitaekspres.com) -BATANG – Polres Batang menggelar pengecekan dan imbauan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Batang. Kegiatan ini merupakan upaya pencegahan terhadap potensi kelangkaan serta tindak kecurangan dalam penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) menjelang arus mudik lebaran 2024, Jumat, 29 Maret 2024.

Kapolres Batang, AKBP Nur Cahyo Ari Prasetyo melalui Kasatreskrim AKP Imam Muhtadi menjelaskan bahwa langkah ini dilakukan guna memastikan ketersediaan stok BBM yang memadai serta menjaga integritas dalam transaksi penjualan.

“Hari ini, jajaran Polres Batang melaksanakan sidak atau pengecekan di sejumlah SPBU di Kabupaten Batang. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa stok BBM aman dan memadai dalam menyambut arus mudik lebaran 2024, serta untuk mencegah adanya tindak kecurangan dalam transaksi penjualan,” jelas AKP Imam Muhtadi. .

Dalam kegiatan tersebut, personel Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) beserta Disperindag, UPT Metrologi Batang, terlibat aktif dalam melakukan pengecekan.

Mereka meninjau secara menyeluruh mesin cor BBM serta segel mesin pompa untuk memastikan keabsahan dan keamanannya. Selain itu, kesesuaian antara keluaran nozzle BBM dengan tampilan alat hitung juga menjadi fokus dalam proses pengecekan ini.

Tidak hanya melakukan pengecekan teknis, namun petugas Polres Batang juga memberikan imbauan kepada para petugas SPBU. Mereka ditekankan untuk melayani masyarakat dengan baik dan jujur, serta diingatkan agar tidak melakukan perbuatan yang merugikan konsumen.

“Kami mengharapkan agar petugas SPBU dapat melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya dan menjauhi segala bentuk praktik kecurangan. Bagi masyarakat yang mengetahui atau merasa dirugikan oleh praktik-praktik yang tidak benar di SPBU, silakan untuk melaporkannya kepada kepolisian agar dapat ditindaklanjuti dengan tegas,” tandasnya.

Dalam hasil pengecekan yang dilakukan oleh jajaran Polres Batang, hingga saat ini tidak ditemukan adanya indikasi kecurangan dalam penjualan BBM di SPBU yang berada di Kabupaten Batang.

“Meskipun demikian, pihak kepolisian tetap akan terus memantau secara ketat aktivitas di SPBU serta distribusi BBM guna menjaga situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif, terutama dalam masa mudik dan balik lebaran yang akan segera tiba,” pungkasnya.(Abd)