(pelitaekspres.com) -BOGOR- Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertahanan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Drs. H. Edward Candra, MH menerima Penghargaan _Clean Air Championship Awards_ tahun 2024.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Prof. Bambang Hero Suharjo (Direktur Regional Forest Fire Management Resource Center-Southeast Asia (RFMRC-SEA)

bertempat di IPB International Convention Center, Kota Bogor, Rabu (27/03/24).

” Penilaiannya berdasarkan terhadap usaha yang dilakukan dalam upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan, kebun dan lahan di wilayahnya masing-masing, dan turut menciptakan udara bersih sehingga membuat lingkungan yang lebih baik,” ungkap Prof Bambang Hero Suharjo.

Prof. Bambang Hero Suharjo juga menjelaskan tujuan dari pemberian penghargaan tersebut untuk mendukung peran berbagai kalangan masyarakat dalam menciptakan udara bersih.

” Upaya dan partisipasi masyarakat sangat diperlukan untuk menjaga kualitas udara. Sebab, baik atau buruknya kualitas udara saat ini maupun di masa depan sangat bergantung dengan tindakan seluruh masyarakat dalam menjaga lingkungannya,” jelasnya.

Adapun Kriteria Penilaian Penghargaan Clean Air Championship Awards yakni Berdedikasi Tinggi, Bekerja dengan Sepenuh Hati, Periode 2023 tidak terbakar atau bila terbakar, kejadiannya dapat ditekan dan dikendalikan, melaksanakan Pelatihan dan Sosialisasi Karhutbunla serta area kerja dapat menjadi tempat refrensi dalam upaya pengendalian Karhutbunla.

Sementara itu Drs. H. Edward Chandra, MH dalam kesempatan tersebut menyampaikan, atas nama pribadi maupun Pemerintah Provinsi Sumsel dirinya mengucapkan terima kasih dan rasa bangga atas apresiasi dari Institut Pertanian Bogor atas penghargaan yang diberikan.

” Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dari tahun ketahun akan terus berusaha untuk dapat mencegah dan mengendalikan Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan di Provinsi Sumsel,” kata Edward.

Tentu saja, lanjut katanya, Hal ini tidak terlepas dari peran Pj. Gubernur Sumsel Dr. Drs. A Fatoni selaku Komandan Satgas Karhutbunla yang telah memberikan arahan, bimbingan, motivasi serta kebijakan-kebijakan dalam pencegahan dan pengendalian Karhutbunla.

” Serta membangun kolaborasi semua stakeholder mulai dari TNI, Polri, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sampai ke tingkat Desa serta Pelaku Usaha,” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut Ir. Thomas Tandi Bua A.N. M.Sc. (Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK RI), Raffles B Panjaitan (Tenaga Ahli Menteri LHK Bidang Manajemen Landscape Fire), Dr. Ir. Nareswoeo Nugroho (Dekan Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB) H. Adi Yani, MH (Kadis DLHK Kalbar), Yozarwardi U.P, S.Hut, M.Si (Kadis Kehutanan Sumbar), Anis S Aliati (Kasubdit PKHL KLHK RI) (dkd)