(pelitaekspres.com)  – TUBABA –Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK/Ketua Dekranasda kabupaten Tulang Bawang Barat Dra. Hanita Fahrial Firsada, M.Si Lakukan kunjungan dan monitoring Program Nenemo Mandiri Pangan K3W, Administrasi PKK, dan Posyandu, di Kecamatan Tulang Bawang Tengah, yang di pusatkan di Tiyuh Panaragan Jaya Utama (PJU) Kecamatan setempat, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Rabu (05/06/2024).

Secara umum Tubaba merupakan wilayah agraris yang mana penduduknya 86 persen mata pencariannya berada di sektor pertanian.

Oleh karena itu untuk mengatasi ancaman krisis pangan dan inflasi terhadap dampak ekonomi dunia serta menurunkan angka stunting dan kemiskinan. Maka dari itu Pemkab Tubaba melakukan program Inovasi keluarga Nenemo Mandiri Pangan. Dimana program ini fokus pada K3W. Dengan mengajak masyarakat untuk dapat memanfaatkan lahan pekarangannya masing-masing.

Dalam kegiatan tersebut Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK/Ketua Dekranasda kabupaten Tulang Bawang Barat Dra. Hanita Fahrial Firsada, M.Si  menyampaikan, program Nenemo Mandiri Pangan K3W ini benar-benar merupakan program pemberdayaan masyarakat.

Menurutnya, selain menurunkan angka stanting juga dapat memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari dan dapat membantu mendongkrak perekonomian warga tentunya.

“Alhamdulilah program K3 -1W mendapat kan penilai yang baik, kita baru memulai dari tahun lalu tapi sudah luar biasa antusias tiyuh dan warganya untuk melaksanakan program ini, karena itu kami menyarankan agar ada nya Program ini utamakan kebutuhan keluarga terlebih dahulu baru bila ada lebih dapat dijual guna membantu ekonomi keluarga,”ungkapnya

“Untuk itu Saya memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh Kepalo Tiyuh yang ada di lingkup Tubaba yang mana telah menjalankan program K3-1W ini dengan baik dan penuh semangat,” tambahnya.

Disampaikan Kepalou Tiyuh PJU Supriyanto bahwa Program Nenemo Mandiri Pangan ini sangat berguna untuk pemberdayaan masyarakat.

“Mudah mudahan program ini dapat terus berjalan meskipun ada perubahan baik Kepalo Tiyuh, Bupati dan lainnya tidak menyurutkan dan mengubah tatanan yang telah dibuat terus bersemangat, berkembang dan maju,” tutupnya.

Hadir pada acara tersebut Camat TBT Nazaruddin serta ketua dan tim TP-PKK kecamatan Tulang Bawang Tengah. (Red)

Tinggalkan Balasan