(pelitaekspres.com) -BANYUASIN- Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni memberikan dukungan penuh terhadap pelestarian Pohon Gaharu sebagai ikon dan komoditas unggulan baru di Sumsel. Hal ini disampaikannya saat menghadiri seremonial Pelestarian Pohon Gaharu oleh PT Gotama Arifsyah Estate, yang berkolaborasi dengan Agarwood Word Gallery Singapore di Desa Langkan, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, pada Jumat (3/5/2024).

“Saya mengapresiasi dan mendukung upaya pelestarian gaharu di Sumsel. Ini adalah kolaborasi yang baik antara pemerintah, sektor usaha, dan masyarakat,” kata Fatoni.

Pohon Gaharu memiliki sejarah panjang sejak zaman kerajaan Sriwijaya, dan saat ini sudah jarang ditemui di Sumsel. Oleh karena itu, pelestariannya sangat penting mengingat manfaatnya yang beragam. Fatoni berharap Pohon Gaharu dapat menjadi ikon dan produk unggulan yang memberikan manfaat bagi masyarakat Sumsel.

“Kita harus menghargai warisan sejarah ini. Pohon Gaharu memiliki potensi untuk menjadi ikon dan produk unggulan yang memberikan manfaat bagi masyarakat Sumsel,” ujarnya.

Fatoni menekankan bahwa Pohon Gaharu memiliki banyak manfaat, termasuk untuk pengobatan tradisional dan bahan pembuatan wangi-wangian seperti parfum. Oleh karena itu, penting untuk menjaga keberadaannya dan tidak sembarangan menebangnya.

“Pohon Gaharu memiliki nilai ekonomi tinggi dan berbagai manfaat, baik sebagai obat tradisional maupun bahan wangi-wangian. Kita harus menjaga dan melestarikannya,” katanya.

Fatoni juga mengajak untuk melakukan sosialisasi tentang pentingnya pelestarian Pohon Gaharu agar masyarakat dapat memahaminya dengan baik.

“Pemprov Sumsel dan masyarakat akan bekerja sama untuk melestarikan Pohon Gaharu dan menjadikannya ikon di Sumsel. Mari kita bersiap-siap, belajar merawat, dan menyebarkannya,” tandasnya.

Dalam acara tersebut, Komisaris PT Gotama Arifsyah Estate, Hasanuddin Galingging, menyatakan komitmennya untuk melestarikan Pohon Gaharu di Desa Langkan, dengan dukungan dari Agarwood Word Gallery Singapore.

“Pohon Gaharu memiliki nilai ekonomi tinggi, dan kami berkomitmen untuk mengembangkannya bersama masyarakat. Ada minat dari luar negeri untuk ikut melestarikannya,” ujarnya.

Jeffry Teoh dari Agarwood Word Gallery Singapore juga menegaskan pentingnya pelestarian Pohon Gaharu sebagai komoditas bisnis yang berharga.

“Pohon Gaharu memiliki banyak manfaat dan nilai sejarah yang tinggi. Kami akan bekerja sama untuk melestarikannya agar menjadi ikon dan komoditas besar di Sumsel,” katanya.

Pj Gubernur Agus Fatoni, Komisaris PT Gotama Arifsyah Estate Hasanuddin, Jeffry Teoh dari Agarwood Word Gallery Singapore, dan Pj Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam menandatangani prasasti dan melakukan penanaman bibit pohon gaharu. Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat setempat. (dkd)

Tinggalkan Balasan