(pelitaekspres.com)– TAMIANG LAYANG- Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan, mengumumkan langkah progresif dalam mendukung pembangunan gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) di Gumi Jari Janang Kalalawah seluas 1 hektar. Rabu (21/04/24)

Menurutnya, pembangunan gudang nanti ditopang dari anggaran Bulog, sedangkan pemerintah daerah sendiri hanya menyediakan lahan milik pemerintah dan yang lokasinya berada di Jalan Janah Munsit.

Pembangunan gudang ini akan memberikan dampak positif yang signifikan dalam pengembangan sektor pertanian. Simbiosisnya berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.

Pemerintah Kabupaten Barito Timur akan melakukan pendataan ulang terkait kebutuhan petani serta mencari solusi agar petani dan masyarakat lokal dapat menjual hasil tanaman mereka dengan harga yang baik.

Indra Gunawan menjelaskan dirinya selaku Penjabat Bupati akan mendorong dan berupaya maksimal untuk peningkatan ketahanan pangan, kesediaan pangan dan lainnya.

“Kami juga merencanakan langkah-langkah untuk memastikan petani mendapatkan akses permodalan tanpa harus bergantung kepada tengkulak atau rentenir, diharapkan para petani dapat menjual hasilnya secara langsung melalui Bulog sehingga bisa dijual dengan harga yang menguntungkan.” jelas Indra.

Pembangunan gudang Bulog ini diharapkan tidak hanya akan meningkatkan efisiensi distribusi pangan di wilayah Bartim, tetapi juga memberikan kesempatan bagi petani setempat untuk meningkatkan pendapatan mereka melalui kerja sama yang lebih baik dengan lembaga pemerintah terkait. (HY)