Home / OLAHRAGA / Peringati World Heart Day, PERKI Cabang Bandung Ajak Masyarakat Purwakarta Senam Bersama

Peringati World Heart Day, PERKI Cabang Bandung Ajak Masyarakat Purwakarta Senam Bersama

(pelitaekspres.com) -PURWAKARTA – Dalam rangka memperingati World Heart Day (Hari Jantung Sedunia) yang jatuh pada tanggal 29 September tahun 2022, yang bertemakan Senam Nusantara Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (PERKI) Use Heart For Every Hearts Cabang Bandung dalam Pimpinan Dr. Badai digelar di Purwakarta pada Minggu, 2 Oktober 2022.

Dalam pelaksanaannya Senam Nusantara PERKI mengajak Komunitas Ibu-ibu Senam Asrama 38 yang bernama De’Geboys melalui koordinatornya yakni Eti Suartini di Lapangan Asrama Kodim 0619/Purwakarta Jalan Veteran Gang Melur Kelurahan Nagri Kaler Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta untuk menjemput sehat.

Secara khusus dr. Evi selaku utusan perwakilan dokter – dokter yang tergabung dalam PERKI untuk memonitoring kegiatan tersebut sangat mengapresiasi pelaksanaanya pada peringatan Hari Jantung dunia tahun 2022.

“Saya menyambut positif diselenggarakannya acara ini. Sinergi dan kolaborasi yang sangat baik untuk bersama-sama mencegah penyakit jantung, sekaligus mensosialisasikan hidup sehat,” ujar dr. Evi saat menggelar Zoom meeting.

“Saya rasa ini bagian yang perlu dikedepankan bagaimana kita senam kesegaran dan kesehatan jasmani, ya segar ya sehat,” imbuhnya.

Lebih lanjut Koordinator senam Eti Suartini yang akrab disapa ibu Eneng atau Bun fale ini menjelaskan segala jenis olahraga dan semua hal yang dapat membuat tubuh menjadi sehat pasti bernilai baik. “Apa saja yang bikin kita sehat saya rasa akan baik untuk kita semua,” sebutnya.

Tak hanya sehat, Bun fale juga mengatakan bahwa olahraga juga sumber kebahagiaan. Menurutnya dengan berolahraga orang akan mendapatkan dua manfaat sekaligus ya sehat ya bahagia.

“Jangan lupa salah satu sumber kebahagiaan itu olahraga, jadi bukan hanya bisa menjadikan sehat tapi juga bahagia,” tuturnya.

Terkait peringatan Hari Jantung Sedunia, Koordinator Senam Eti Suartini atau Bun fale ini juga mengatakan, cara paling ideal untuk merefleksikan tentang masalah penyakit jantung yaitu dengan berpikir secara global dan bertindak secara lokal. Dimulai dari pembuat kebijakan dan profesional kesehatan hingga seluruh lapisan masyarakat diundang untuk terlibat.

“Jadi, untuk merayakan Hari Jantung Sedunia dengan rutin melakukan skrining kesehatan jantung dan mengubah pola hidup kita menjadi lebih sehat,” jelasnya.

Sementara itu, dr. Evi menambahkan, peringatan hari jantung sedunia tahun ini mengangkat tema Use Heart For Every Hearts, yang berprinsip kolaboratif. Dia menyebut olahraga dan kesehatan adalah mata rantai yang tidak bisa dipisahkan.

“Olahraga adalah cara terbaik yang manfaatnya tidak hanya mencegah penyakit jantung juga mampu mencegah beberapa risiko,” ucapnya.

Mudah-mudahan acara pagi ini bisa bermanfaat bagi kesehatan masyarakat Indonesia Khususnya Masyarakat Purwakarta dan Jawa Barat. Dan harapan kita bersama masyarakat Purwakarta segera bangkit lebih kuat.

Tentu PERKI menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengkampanyekan agar jantung kita tetap sehat diantaranya;

  1. Ikut membagikan informasi penting mengenai kesehatan jantung.
  2. Bersama-sama menjalankan pola makan yang sehat.
  3. Bersama-sama melakukan olahraga rutin.
  4. Menyerukan ajakan untuk berhenti merokok.
  5. Bersama-sama mengurangi penggunaan kendaraan beremisi.
  6. Meluangkan waktu mendengar keluh kesah orang sekitar guna mengurangi tingkat stress mereka.
  7. Meluangkan waktu untuk memperhatikan kesehatan jantungmu.

“Mudah-mudahan acara pagi ini bisa bermanfaat bagi kesehatan masyarakat Indonesia khususnya Masyarakat Purwakarta dan Jawa Barat. Dan harapan kita bersama turut berpartisipasi di World Heart Day 2022, yakni Use Heart For Humanity, Use Heart For Nature, Use Heart For You,” ucapnya. (DR)

About admin adminku

Check Also

Siswa SMAN 1 Sidomulyo Berhasil Raih Medali Emas Kejuaraan Darmajaya Cup II

(pelitaekspres com) -BANDAR LAMPUNG-Ahmad Tashkent Adiat Albara atau yang biasa disapa Tasken siswa kelas XI …

Tinggalkan Balasan