(pelitaekspres.com) -TAMIANG LAYANG- Pemerintah Kabupaten Barito Timur menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Barito Timur, Senin, 27 Mei 2024.

Dalam upacara ini peserta diwajibkan mengenakan batik dengan motif khas Kalimantan Tengah atau Barito Timur yang dilengkapi lawung atau sumping. Tampak hadir unsur Forkopimda dan undangan lainnya.

Ada beberapa hal penting yang disampaikan oleh Gubernur Kalteng yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur Panahan Moetar bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Gubernur Kalteng menyampaikan peringatan Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalteng ini mengusung tema “Kalteng Berkah, Maju, dan Bermartabat”. Tema tersebut diyakini Gubernur Kalteng mewakili harapan dan cita-cita seluruh Masyarakat Kalteng.

“Tema tersebut mewakili harapan dan cita-cita seluruh masyarakat Kalteng,” kata Panahan membacakan sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

“Setiap generasi muda Kalteng harus memiliki kesempatan mengenyam pendidikan berkualitas sampai ke perguruan tinggi, agar menguasai Iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi) serta memiliki karakter dan akhlak perilaku yang baik”, tambahnya

Pemprov Kalteng juga meningkatkan bantuan sosial pendidikan dalam tiga tahun terakhir, bahkan di tahun 2024 ini, bantuan sosial pendidikan dianggarkan sekitar Rp153,5 miliar untuk program Tabungan Beasiswa Berkah (Tabe).

Pemerintah Provinsi Kalteng terus berkomitmen meningkatkan sarana sekolah, kapasitas guru dan juga beasiswa,” tegas Panahan.

Di bidang kesehatan, Pemprov Kalteng membangun RSUD Kelas B di Hanau Kabupaten Seruyan. Tujuannya agar masyarakat Kalteng wilayah barat tidak perlu lagi jauh-jauh ke Palangka Raya untuk mendapatkan layanan rumah sakit rujukan.

Terlepas dari berbagai keberhasilan Pembangunan saat ini, kata Gubernur Kalteng, masih ada hal-hal yang perlu dibenahi untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan Masyarakat Kalteng.

Gubernur Kalteng mengatakan saat ini Kalteng masih memiliki PR besar yaitu upaya percepatan penurunan stunting. Untuk itu perlu sinergi kita bersama, lintas sektor, mulai dari pusat, provinsi, kabupaten/kota, hingga keluarahan/desa.

Menghadapi Pilkada serentak 2024 untuk seluruh Masyarakat untuk aktif menggunakan hak pilihnya dan menjaga pondasi kantibmas agar selalu rukun, aman dan kondusif.

“ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimatan Tengah untuk tetap menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Nopember 2024 mendatang”, pungkasnya (HY)

Tinggalkan Balasan