(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mulai membuka kursus bahasa Perancis pada Kamis, (7/2/24) secara daring. Adapun kursus tidak hanya diikuti oleh puluhan pelajar dan mahasiswa Indonesia yang ada di Lampung, Kalimantan, Jawa, hingga Sulawesi, tetapi juga diikuti oleh siswa asing di India.

Kursus bahasa Perancis mulai dari level A1 dengan 11 pertemuan, level A2 dengan 25 pertemuan, dan level B1 dengan 4 pertemuan. Pertemuan kursus dilakukan setiap Rabu, Kamis, dan Jumat dengan pengajar dari Sorbonne Universite, Paris Kharisma Firdausya Husein.

Kepala UPT International Office IIB Darmajaya, Rahmalia Syahputri mengatakan kursus bahasa Perancis ini perdana digelar IIB Darmajaya dan merupakan salah satu program kerja Warung Prancis kita. “Kami ingin memberikan kesempatan masyarakat Luas juga mahasiswa IIB Darmajaya untuk menguasai bahasa asing dan Perancis salah satunya yang menjadi bahasa Internasional. Dengan menguasa bahasa ini, akan terbuka peluang untuk mendapatkan beasiswa sekolah di Prancis dan bekerja di perusahaan bonafid di dalam dan luar negeri” ungkapnya.

Masih kata dia, komitmen IIB Darmajaya dalam internasionalisasi juga merupakan bagian dari program International Office. “Kursus yang digelar ini total 120 jam akan mendapatkan sertifikat dan diakui karena pengajarnya juga memiliki kompetensi dalam memberikan kursus bahasa Perancis,” ujar dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Rahmalia –biasa dia disapa – berharap dari kursus bahasa Perancis ini juga dapat berkembang ke bahasa asing lainnya. “Kita ingin tidak hanya kursus bahasa Perancis kedepannya tetapi juga bahasa asing lainnya selain Inggris,” imbuhnya.

Sementara, Kharisma Firdausya Husein mengaku senang sekali bisa berkolaborasi dengan IIB Darmajaya. “ Saya sangat bersemangat untuk mengajar kursus dari level A1 – B1, saya harap yang hadir bisa berkomitmen untuk pertemuan-pertemuan seterusnya,” ucapnya.

Menurutnya, “bahasa Prancis mungkin sulit dipelajari di awal, namun dengan komitmen dan semangat maka akan terasa mudah,” tutupnya.(**)