(pelitaekspres.com) –KOTABUMI- Kampas Rem salah satu suku cadang penting pada sepeda motor yang harus dirawat agar sepeda motor dan penggunanya aman dan nyaman.

Komponen yang berkaitan langsung dengan system pengereman ini berfungsi untuk membantu menekan piringan cakram ataupun tromol agar ban kendaraan berhenti berputar.

Tanpa adanya kampas rem, maka pengereman bisa berlangsung atau membutuhkan waktu yang lama sampai akhirnya kendaraan tersebut akan berhenti.

“Hal yang paling dekat dengan kebiasaan orang saat mengendarai sepeda motor adalah menaruh jari atau kaki pada tuas rem,” Ujar Dhoni selaku SA Selasa (21/05/2024).

Kebiasaan menekan tuas rem menjadi salah satu faktor kampas rem pada sepeda motor cepat habis.

Kebiasaan ini sering sekali dilakukan oleh pengguna motor matic dan lainnya. Terkadang ketika menaruh jari pada tuas rem secara tidak sadar menarik tuas rem meski tidak terlalu di butuhkan.

Namun pentingnya kampas rem pada sepeda motor sering sekali di sepelekan, padahal hal ini sangat berkaitan dengan keselamatan dalam berkendara.

Untuk itu, disarankan sekali kepada para pengguna sepeda motor untuk memperhatikan kembali kampas rem sepeda motornya.

Kekurangan rem cakram ini bisa lebih cepat aus karena sistem hidraulik yang digunakan. Karena konstruksinya terbuka, rem ini lebih cepat kotor. Kalau udah kotor kinerja bisa tidak maksimal.

 

Tinggalkan Balasan