(pelitaekspres.com) -YAPEN- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupten Kepulauan Yapen sudah mulai gelar sortir dan pelipatan surat surat untuk pemilu 2024. Untuk kegiatan penyortiran dan pelipatan surat suara ini dilakukan di gudang KPUD, Jalan Hasanudin Serui, Minggu (14/01/2024).

Agenda kami hari ini adalah penyortiran dan pelipatan surat suara, penyortiran dan pelipatan surat suara DPD RI, dimana  kami melibatkan dari pemuda  gereja  yang sudah mengajukan permintaan kepada kami di  kantor KPUD Yapen. ” Ucap Ketua KPUD Zakeus Rumpedai kepada media ini”.

Di katakan juga bahwa, hari ini ada 5 kelompok yang mulai star penyortiran dan pelipatan berlangsung selama 8 jam dan di awasi langsung oleh kami KPU dan pihak Bawaslu juga dari  Kepolisian, ujarnya.

“kami berharap penyortiran dan pelipatan surat suara DPD RI yang sudah mulai ini, bisa berjalan dengan lancar tanpa mengalami hambatan”

Kata Ketua KPUD Yapen, peserta dalam pelipatan ini, sudah di pastikan nama – nama mereka tidak terdaftar sebagai anggota dan pengurus partai maupun sebagai peserta Pemilu, karena dari awal sudah di evaluasi melalui pendaftaran  nama – nama di KPUD Yapen.

Di tempat yang sama juga, Ketua Bawaslu Kepulauan Yapen Hofni Y. Mandripon menambahkan bahwa,  tanggung jawab kami untuk melakukan tugas  pengawasan terhadap penyortiran dan pelipatan surat suara yang di lakukan oleh KPUD sesuai dengan tahapan jadwal dan rens waktu yang sudah di tentukan dan Tatip yang sudah ada.

“kami tetap melaksanakan tugas dalam rangka pengawasan terhadap penyortiran dan pelipatan surat suara ini sampai selesai, sesuai  dengan  tahapan dan jadwal yang sudah ditentukan”

Menurut Ketua Bawaslu, jadwal untuk  pencoblosan sudah dekat, mengingat luas wilayah Kabupaten Kepulauan Yapen, kami Bawaslu dan KPUD sudah bersepakat untuk melakukan langka – langka lebih cepat agar proses penyortiran dan pelipatan cepat selesai agar pendistribusian  logistik tepat pada waktunya sesuai jadwal yang sudah di tentukan, Cetus Hofni Y. Mandripon.

Diketahui bahwa jumlah peserta penyortiran dan pelipatan hari ini (Minggu, 14/01/24) berjumlah 5 kelompok yang terdiri dari tiap kelompok sebanyak 5 orang, di rencanakan 2 hari selesai dan kemudian dimulai dengan penyortiran dan pelipatan surat suara Presiden dan Wakil Prasiden,

Untuk surat suara DPR RI, DPR Provinsi dan DPRD Kabupten diperkirahkan setelah tiba menunggu waktu penggeseran dan dilanjutkan dengan penyortiran dan pelipatan di Gudang KPU Kabupten Kepulauan Yapen.

Turut hadir dan menyaksikan pembukaan penyortiran surat suara ini, Anggota KPUD Yapen, Irwansya, Ferdinand Yakob Pieter dan Sekretaris KPUD Yapen Lodewyk Labobar, Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Yapen Hofni Y. Mandripon, Anggota Bawaslu Yapen Herold Max Jandedai dan sekretaris Bawaslu Agung R. Sismianto, dan di jaga ketat oleh pihak kepolisian dari Kapolres Kepulauan Yapen, (GM).