(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG- Universitas Lampung (Unila) mengadakan pengajian rutin di ruang pelantikan lantai empat Gedung Rektorat setempat, Jumat, 15 Maret 2024.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., mewakili Rektor dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan keimanan, ketakwaan kepada Allah subhanahu wa taala, sekaligus meningkatkan tali silaturahmi di bulan suci Ramadan.

Kegiatan yang mengusung tema “Dalam Rangka Meningkatkan Ketakwaan kepada Allah SWT di Bulan Suci Ramadan” menghadirkan penceramah Ustaz Ahmad Yani Aslan, dari Natar, Lampung Selatan.

Dalam tausiahnya, Ust. Ahmad Yani menyampaikan, bulan Ramadan adalah bulan paling mulia sebagaimana Allah subhanahu wa taala memuliakan Jumat sebagai hari mulia dia ntara hari lainnya. Hal ini dikarenakan di dalam bulan suci Ramadan semua amal perbuatan baik dilipatgandakan 1000 kali lipat.

Kemuliaan lain dari bulan Ramadan yakni adanya malam lailatul qadar yang diyakini datang pada sepuluh hari terakhir dalam bulan suci Ramadan.

Lailatul qadar merupakan malam yang penuh dengan kemuliaan. Pada malam ini juga, Allah subhanahu wa taala akan melipatgandakan pahala hamba-Nya yang beribadah di malam lailatul qadar.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar”. (QS Al-Qadr [97]: 1-5).

Tausiah ditutup dengan doa penutup majelis dipimpin langsung ustaz fauzi, serta mendoakan seluruh sivitas akademika Unila dilancarkan rejeki, dilunaskan hutangnya, dimudahkan dalam menyelesaikan masalah, dan dipanjangkan umurnya, sehingga bisa merasakan kemuliaan Ramadan pada tahun-tahun mendatang.

Pengajian Ramadan 1445 Hijriah ini dihadiri langsung Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng., didampingi seluruh jajaran wakil rektor, Direktur Pascasarjana, Kepala BUK dan jajaran, Kepala BPHM dan jajaran, Kepala BAK dan jajaran, kepala UPT dilm lingkungan Unila, Ketua Lembaga dan Sekretaris, Ketua dan Sekretaris SPI, serta para tenaga kependidikan di Unila.

Kegiatan pengajian ini ditutup dengan bakti sosial pembagian sembako kepada para tenaga kontrak non-ASN yang diserahkan secara simbolik oleh Rektor kepada dua perwakilan pegawai non-ASN.(Red)