(pelitaekspres.com)-NIAS-Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Nias salurkan Bantuan Perlengkapan Siswa Jenjang Pendidikan Dasar dalam rangka Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Kabupaten Nias

Bantuan tersebut diserahkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Samson P. Zai, S.H., M.H, bertempat di SMP Negeri 1 Somolo-molo, Sabtu (06/01/2024)

Kabid Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Nias, Fatieli Lawolo, S.Pd., M.Pd melaporkan bahwa bantuan tersebut bersumber dari Dana Insentif Fiskal Kinerja Tahun Berjalan Kategori Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Nias Tahun Anggaran 2023 kepada penerima manfaat.

Adapun siswa penerima manfaat yang terdiri dari siswa SD dan SMP di masing-masing wilayah Kecamatan di Kabupaten Nias telah ditetapkan sesuai dengan Data Hasil Verifikasi dan Validasi yang telah disampaikan oleh masing-masing Kepala Sekolah di Dinas Pendidikan Kabupaten Nias pada bulan Desember tahun 2023.

Berikut bantuan perlengkapan siswa yang diserahkan kepada siswa SD, yakni: Pakaian Seragam SD Warna Merah-Putih, Topi SD Warna Merah-Putih, Dasi SD, Kaos Kaki Warna Putih dan Sepatu Warna Hitam. Sedangkan bantuan perlengkapan siswa yang diserahkan kepada siswa SMP, antara lain: Pakaian Seragam SMP Warna Biru-Putih, Topi SMP Warna Biru-Putih, Dasi SMP, Kaos Kaki Warna Putih dan Sepatu Warna Hitam.

Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Samson P. Zai, S.H., M.H dalam arahannya mengatakan bahwa bantuan ini merupakan Dana Insentif Daerah yang didapatkan atas keberhasilan pencapaian Pengelolaan Keuangan Secara Digital sehingga atas kebijakan Bupati Nias dan Wakil Bupati Nias dana tersebut direalisasikan melalui Bantuan Perlengkapan Siswa sebagai wujud perhatian Pemerintah untuk meningkatkan Mutu Pendidikan sekaligus Penghapusan Kemiskinan Ektrem di Kabupaten Nias.

“Penyaluran Bantuan ini menjadi Prioritas karena Bupati Nias melihat bahwa di Kabupaten Nias masih banyak siswa yang membutuhkan perlengkapan sekolah dan tergolong dalam kelompok keluarga kemiskinan ekstrem” Terangnya.

Bantuan Perlengkapan ini dianggap penting karena pendidikan adalah tonggak utama untuk membawa perubahan di tengah-tengah masyarakat.

Hal ini juga termasuk dalam Tujuan Pembangunan Nasional yaitu Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Di sisi lain, 3 (tiga) hal yang menentukan kesejahteraan masyarakat yaitu Pendidikan, Kesehatan dan Pendapatan.

“Saya minta kepada seluruh siswa untuk terus belajar agar masa depan menjadi lebih baik, raihlah prestasi sebanyak-banyaknya agar kalian dapat menjadi manusia yang berkualitas. Harapnya

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Para Kepala Sekolah Penerima Manfaat, Ketua Komite Sekolah, Bapak/Ibu Guru dan Staf, Orang Tua Siswa dan Siswa SMP/SD Penerima Manfaat, sumber niaskab.go.id.(Toro Harefa)