Home / Komando / Pangkostrad Tutup Latihan Pembentukan Taipur IX Kostrad TA 2022

Pangkostrad Tutup Latihan Pembentukan Taipur IX Kostrad TA 2022

(pelitaekpres.com) -PURWAKARTA – Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc. secara resmi menutup Latihan Pembentukan Taipur IX Kostrad TA 2022 dan penyematan Brevet warga kehormatan Taipur kepada Pangdivif 2 Kostrad, Pangdivif 3 Kostrad, Wair Kostrad, Kapoksahli Pangkostrad, Asren Kostrad dan Asops Kaskostrad di Lapangan Sub Detasemen Pemeliharaan Daerah Latihan (Subdenharrahlat) Kostrad Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, pada Rabu (14/12/2022)

Sebelum disematkan brevet Taipur, para peserta terlebih dahulu melaksanakan tradisi, mengikuti aplikasi latihan Taipur antara lain keterampilan menggunakan senjata tradisional sumpit dan panah, tembak tepat pistol dan senapan, tembak runduk (sniper), infiltrasi menggunakan LCR, ambush dalam air, bunuh senyap dan diakhiri PJD dan menghancurkan sasaran.

Dalam amanatnya, Pangkostrad mengatakan jika Prajurit Taipur diseleksi dari seluruh prajurit di satuan jajaran Kostrad, selanjutnya dibentuk melalui tahapan latihan yang bersifat khusus sehingga memiliki kemampuan melaksanakan tugas-tugas operasi di berbagai bentuk medan, dan cuaca.

“Sasaran latihan yang ingin dicapai adalah terbentuknya postur Prajurit Taipur Kostrad yang memiliki kemampuan khusus dalam melaksanakan tugas operasi lawan gerilya, pertempuran pemukiman dan perkotaan, pertempuran jarak dekat, tugas intelijen sandhi yudha serta intelijen tempur aspek laut,” ujar Pangkostrad.

“Pelihara dan tingkatkan terus kemampuan yang telah kalian miliki, oleh karena Prajurit Taipur merupakan kebanggaan Kostrad yang harus selalu siap kapanpun dan dimanapun ditugaskan demi menjaga nama baik dan kehormatan Kostrad dengan meraih keberhasilan dalam setiap penugasan,” tambah Pangkostrad.

Pangkostrad berharap setelah penutupan ini, akan tumbuh semangat kebersamaan, jiwa korsa, soliditas sesama prajurit Taipur Kostrad, sehingga semangat dan nilai-nilai luhur yang telah dibangun oleh para pendahulu dapat terus kita lanjutkan dan setiap prajurit Taipur memiliki tugas dan tanggung jawab moral untuk senantiasa memelihara dan mengembangkan kemampuan yang sudah diperoleh selama latihan dengan sebaik-baiknya.

Diakhir amanatnya, Pangkostrad menyampaikan beberapa penekanan kepada seluruh prajurit Taipur diantaranya:

Pertama – Pelihara dan kembangkan ilmu yang telah diperoleh selama mengikuti latihan, sehingga senantiasa siap operasional untuk melaksanakan tugas kapanpun dan dimanapun.

Kedua – Pahami bahwa keberhasilan tugas  tempur sangat ditentukan oleh faktor kecepatan, ketelitian dan keamanan serta penerapan disiplin tempur di lapangan.

Ketiga – Upayakan senantiasa bekerja cepat, tepat dan tuntas dalam menyelesaikan setiap tugas yang diberikan sesuai dengan motto prajurit Taipur Kostrad.

Untuk diinformasikan, bahwa penggagas dan pendiri pembentukan satuan Taipur adalah Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu mantan Menhan dan Kasad, yang saat itu menjabat Panglima Kostrad pada tahun 2001.

Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu  mendirikan satuan Taipur dengan tujuan agar Kostrad memiliki satuan khusus dengan kualifikasi khusus yang mampu melaksanakan operasi pengintaian dan eksekusi langsung di sasaran.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Pangdivif 1 Kostrad, para Asisten Kaskostrad, Danpusdiklatpassus Kopassus, Danpuskopaska, Dansatkopaska Koarmada I, LO TNI AL Kostrad, LO TNI AU Kostrad, para Dan/Ka Sat/Balak Kostrad, Bupati Purwakarta, Dandim 0619/Purwakarta, Kapolres Purwakarta, Forkopimda Kabupaten Purwakarta dan tamu undangan lainnya. (DR)

 

About admin adminku

Check Also

Polda Sumsel Memastikan Kejadian Yang Terjadi di Lubuklinggau Antara Petugas Kepolisian Dan Oknum Wartawan Adanya Kesalahpahaman

(pelitaekspres.com) -PALEMBANG – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) memastikan kejadian yang terjadi di Lubuklinggau …

Tinggalkan Balasan