Home / Komando / Pangdam II/Sriwijaya : “Jaga Keharmonisan Dan Kerukunan Hidup Bermasyarakat Yang Sudah Terjalin Dengan Baik”

Pangdam II/Sriwijaya : “Jaga Keharmonisan Dan Kerukunan Hidup Bermasyarakat Yang Sudah Terjalin Dengan Baik”

(pelitaekspres.com) -SAROLANGUN – Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han, dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah II/Sriwijaya, Ny. Hesti Hilman Hadi, mengunjungi Kampung Pancasila binaan Kodim 0420/Sarko, Korem 042/Gapu di Desa Mekarsari Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi, Sabtu (19/11/2022).

Kedatangan Pangdam II/Swj dan isteri didampingi oleh Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.I.P., M.M., dan Ketua Persit KCK Koorcab Korem 042 PD II/Sriwijaya disambut oleh Pj. Bupati Henrizal, S.Pt., M.M., Dandim 0420/Sarko, Kapolres, Wakil Ketua DPRD Kab. Sarolangun dan Unsur Forkompinda dan Kepala OPD Pemkab Sarolangun.

Terlihat warga masyarakat tumpah ruah di lapangan sepak bola Desa Mekarsari begitu antusias menyambut kedatangan Pangdam II/Swj dan rombongan.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, mengatakan bahwa pendirian Kampung Pancasila ini merupakan salah satu dari 4 (empat) Program Unggulan Bapak Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman dan hal itu juga merupakan implementasi dari salah satu tiga arahan Presiden RI Joko Widodo.

Adapun tujuannya adalah untuk mempersatukan seluruh komponen bangsa di wilayah, sehingga terciptanya kehidupan yang harmonis di lingkungan masyarakat walaupun berbeda Suku, Ras dan Agama serta menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sosial masyarakat.

Pangdam juga mengatakan bahwa, Desa Mekarsari dipilih menjadi Kampung Pancasila karena Desa ini merupakan miniaturnya Indonesia, yang penduduknya terdiri dari berbagai suku dan agama.

“Kampung Pancasila ini merupakan salah satu usaha TNI AD dan pemerintah daerah untuk melestarikan nilai-nilai yang terkandung dalam butir-butir Pancasila dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama serta mendorong masyarakat agar saling menghormati dan menghargai sesama, guna meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat”, ungkapnya.

Kepada masyarakat Desa Mekarsari, Pangdam berharap agar tetap menjaga keharmonisan dan kerukunan hidup bermasyarakat yang selama ini telah terjalin dengan baik, jangan mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan serta keutuhan NKRI.

Selanjutnya, kepada seluruh aparat pemerintahan, TNI, Polri, Pemda, DPRD dan seluruh komponen bangsa agar tetap menjaga dan meningkatkan sinergitas untuk membangun NKRI.

Dan kepada para Prajurit khususnya para Babinsa yang merupakan ujung tombak TNI AD dalam membina masyarakat agar selalu berbuat baik dan terbaik dalam membantu setiap kesulitan masyarakat yang ada. “Jadilah solusi dalam mengatasi kesulitan tersebut serta ikhlas dalam melaksanakan tugas, semoga apa yang telah kalian lakukan menjadi catatan amal ibadah”, tegas Pangdam.

Di Kampung Pancasila Desa Mekarsari, Pangdam II/Swj juga melaksanakan Baksos kepada warga, anak penderita Stunting dan anak-anak yatim yang diserahkan oleh Ketua Persit KCK Daerah II/Sriwijaya. Selain itu, Pangdam juga memberikan bantuan 1 unit mesin perontok padi dan perangkat modem layanan internet serta peletakkan batu pertama pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RLTH) milik Alifto (51) salah satu warga RT. 15 Dusun Tanjungsari Desa Mekarsari Kec. Pelawan Kab. Sarolangun. (Rls/Ags).

 

About admin adminku

Check Also

Truk Fuso Bermuatan 20 Ton Beras Terperosok di Jalinbar Pringsewu

(pelitaekspres.com) –PRINGSEWU- Sebuah Kendaraan truk Fuso bernomor Polisi BE 9160 CD bermuatan 20 ton beras …

Tinggalkan Balasan