(pelitaekspres com) – BANDARLAMPUNG- Proyek Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung ( Unila ) menyelenggarakan Pameran Inovasi Kepemimpinan Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 1 tahun 2023. Kegiatan berlangsung selama dua hari, 29-30 Mei 2024, di kampus FKIP Unila.

Selain Dekan FKIP Prof. Dr. Sunyono, M.Si., kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Hermi Yanzi, S.Pd., M.Pd., Ketua Program Studi PPG Dr. Edi Suyanto, M.Pd., serta tim pengelola, guru pamong, instruktur, dan para mahasiswa prajabatan PPG.

Prof Sunyono dalam perayaannya menyampaikan pentingnya pameran inovasi ini sebagai bagian dari proses akademik yang membekali mahasiswa dengan kemampuan kepemimpinan dan inovasi pembelajaran. Diharapkan, siswa PPG mampu menerapkan inovasi pembelajaran setelah mereka lulus dan menjadi guru profesional.

“Sebagai guru profesional, mereka diharapkan memiliki kemampuan komprehensif dalam tugas pokok mereka sebagai pendidik dan instruktur, termasuk kemampuan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran,” ujarnya.

Pameran ini merupakan hasil kerja sama antara FKIP Unila dan mitra-mitranya, melibatkan mahasiswa, dosen pembimbing proyek, sekolah, serta instruktur yang merupakan guru penggerak.

Kegiatan juga menampilkan berbagai karya inovatif dari mahasiswa PPG Prajabatan dari berbagai program studi, termasuk Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Biologi, Fisika, Geografi, Kimia, Matematika, Pendidikan Guru PAUD, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Bimbingan Konseling, dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Dalam pameran tersebut, berbagai produk dan inovasi ditampilkan, seperti media pembelajaran, inovasi pembelajaran, pembuatan bahan terbuka, literasi, tarian, informasi karate, media berbasis teknologi dan komunikasi, generasi berencana, serta berbagai konsep lainnya. Sebanyak 32 stand didirikan untuk menampilkan hasil karya dalam program proyek kepemimpinan ini.

Pameran inovasi ini berlangsung dengan berbagai kegiatan menarik. Pada hari pertama, setiap kelompok siswa menyajikan karya seni mereka dalam bentuk drama, musikalisasi puisi, lagu solo , dan lain sebagainya. Pada hari kedua, para mahasiswa PPG memaparkan kepemimpinan inovasi yang telah mereka lakukan.

Hermi Yanzi dalam menanggapinya, menekankan pentingnya pameran ini sebagai platform bagi mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan inovasi dan kepemimpinan mereka.

“Kesuksesan pameran ini berkat kerja keras para mahasiswa, tim panitia, dan seluruh pihak terkait. Kegiatan ini tidak hanya memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan hasil kerja mereka, tetapi juga untuk belajar dari satu sama lain dan meningkatkan kualitas pembelajaran,” ungkap Hermi.

Dengan pameran inovasi proyek kepemimpinan ini, FKIP Unila berharap dapat terus mendorong mahasiswa untuk berinovasi dan berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Proyek kepemimpinan ini juga bertujuan melatih kemampuan kepemimpinan siswa melalui kegiatan service learning atau pembelajaran berbasis pelayanan kepada komunitas atau masyarakat yang menjadi sasaran.

Melalui acara ini, FKIP Unila menegaskan komitmennya dalam menghasilkan guru-guru profesional yang mampu berinovasi dan berkontribusi signifikan dalam dunia pendidikan, baik di tingkat nasional maupun internasional.(Red)

 

Tinggalkan Balasan