(pelitaekspres.com)-GUNUNGSITOLI-Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jenjang SD dan SMP Kota Gunungsitoli Tahun 2024 digelar, bertemakan “Merdeka Berprestasi, Talenta Sains menginspirasi”.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Gunungsitoli Sowaa Laoli, SE, M.Si, bertempat di SMP Negeri 04 Gunungsitoli, Selasa (27/02/2024)

Wali Kota Gunungsitoli dalam sambutannya, menyampaikan bahwa Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan sebuah ajang talenta di bidang Sains yang diselenggarakan untuk peserta didik SD/MI/Sederajat, SMP/MTS/Sederajat, dan SMA/MA/Sederajat.

Ajang OSN diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah hingga nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari 38 (tiga puluh delapan) provinsi. Mekanisme bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial.

“Melalui kegiatan ini, sekaligus menunjukkan kepada kita semua bahwa Pemerintah mulai memberikan perhatian yang lebih serius terhadap anak-anak yang berprestasi di berbagai bidang ketalentaan, Mereka yang berhasil akan mendapatkan banyak manfaat untuk pengembangan karir belajar atau karir profesionalnya, seperti beasiswa atau pembinaan lanjut untuk mencapai prestasi maksimal,” jelas Wali Kota.

Wali Kota juga berharap semoga hasil yang dicapai pada kegiatan ini sesuai dengan yang diharapkan, utamanya menandai semangat merdeka belajar, merdeka berprestasi serta aktualisasi prestasi melalui ajang talenta yang didasarkan pada minat dan bakat.

“Kepada seluruh anak-anak kami, selamat berlomba dan tetap semangat. Ingatlah Prestasi itu penting, Jujur yang utama,” ucap Wali Kota mengakhiri sambutannya.

Peserta lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) terdiri dari anak-anak dari jenjang SD yang merupakan perwakilan hasil seleksi dari 6 (enam) kecamatan yang ada di Kota Gunungsitoli dan juga anak-anak dari jenjang SMP, perwakilan 34 (tiga puluh empat) satuan pendidikan jenjang SMP yang ada di Kota Gunungsitoli.

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli Yafet Krismatius Bu’ulolo, SSTP, M.A.B, Guru-Guru Pendamping dan hadirin lainnya.(Toro Harefa)