(pelitaekspres.com) -CANDIPURO- Mewakili Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Sekertatis Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan Thamrin membuka secara resmi kegiatan Candipuro Fair 2024 di Lapangan Kecamatan Candipuro, (Rabu (17/01/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekertaris Daerah Lampung Selatan Thamrin M. Sos. MM, Dandim 0421/LS Letkol Inf Fajar Akhiruddin Lampung Selatan, Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin, Ibu Kejaksaan Negeri Lampung Selatan Afni Karolina, Staf Ahli Kepala Dinas, Anggota DPRD Lamsel Sulastiono, Camat Candipuro Solatan, Kepala desa seKecamatan Candipuro, Danramil Sidomulyo Kapten Inf. Imron Nata, Kapolsek Candipuro Iptu Farid Riyanto, Ketua Panitia Candipuro Fair 2024 Dwi Sujarwo, Kepala UPT seKecamatan Candipuro, Kepala sekolah SD, SLTP dan SLTA seKecamatam Candipuro, Ketua BPD, ketua LPM, Ketua PKK kecamatan Candipuro, Ketua Ormas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Seluruh Masyarakat yang hadir.

Ketua panitia pelaksana kegiatan Candipuro Fair Dwi Sujarwo dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto yang saat ini diwakili oleh Sekda Thamrin yang sudah hadir di tengah tengah masyarakat kecamatan Candipuro dalam agenda malam festival Candipuro Fair yang kedua Tahun 2024.

Saya juga mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada jajaran panitia dan seluruh unsur yang sudah membantu terlaksananya acara ini dengan baik.

Perlu kami laporkan acara Festival Candipuro Fair ini merupakan kegiatan yang setiap Tahun kita adakan dan ini merupakan yang ke Dua, ada beberapa Stand UMKM dari 14 desa yang ada di kecamatan Candipuro, Stand dari UPTD kecamatan Candipuro, juga Stand Sekolah dari SD, SLTP, SMK, dan SMA yang ada di kecamatan Candipuro.

Tujuan diadakannya kegiatan Candipuro Fair ini adalah untuk ajang promosi UMKM yang ada di tiap tiap desa yang ada di kecamatan Candipuro dan juga sebagai ajang promosi dari sekolahan sekolahan dan juga UPTD yang ada di kecamatan Candipuro.

Dengan kegiatan ini harapan kami kedepan kecamatan Candipuro tentunya akan lebih baik dan lebih maju lagi, tutupnya.

Ditempat yang sama, Camat Candipuro Solatan, dalam sambutannya mengatakan mohon maaf kepada seluruh masyarakat yang hadir di acara Candipuro Fair 2024 ini karena Bupati kita H. Nanang Ermanto tidak bisa hadir ditengah tengah kita dikarenakan sedang kurang sehat dan diwakili oleh Sekda, mari kita doakan bersama untuk Bupati kita agar lekas sehat.

Saya ucapkan terimakasih atas kehadiran Bupati Lampung Selatan yang malam ini diwakili oleh Sekda Thamrin, dengan kehadiran beliau tentunya menambah motivasi dan memacu semangat kami untuk terus bekerja nyata dalam upaya dan kontribusi untuk terwujudnya harapan dan kerja Bupati menuju Lampung Selatan maju adil dan sejahtera.

Sebagai bentuk nyata kontribusi yang tadi kami sampaikan, maka salah satunya pada malam ini sampai dengan tanggal 21 Januari 2024 kami adakan acara Candipuro Fair 2024 dengan mengambil tema Tingkatkan Kolaborasi Kebaruan dan Inovasi Untuk Mewujudkan UMKM Yang Tangguh Kuat dan Mandiri.

Sebagaimana disebutkan Ketua Panitia bahwa penyelenggaraan kegiatan ini masih banyak kekurangan, untuk itu kami mohon saran dan kritik Bupati agar menjadi bahan perbaikan bagi kami untuk masa yang akan datang, tutupnya.

Sekertaris Daerah Lampung Selatan Thamrin mewakili Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan kecamatan Candipuro menjadi yang ke Dua penyelenggara Even Kecamatan Fair pada Tahun ini setelah kemarin kecamatan Palas.

Saya melihat malam ini antusias masyarakat kecamatan Candipuro begitu tinggi, saya sangat optimis Candipuro Fair Tahun ini ada peningkatan jumlah masyarakat yang datang berkunjung dan peningkatan jumlah dari pelaku usaha IUMKM, UKM dan Usaha lainnya yang menjadi peserta dalam Pameran Pembangunan Kecamatan.

“Telah terciptanya peningkatan keramaian pasti akan menjadi peluang usaha bagi masyarakat”.

Saya berharap gelaran Candipuro Fair 2024 dapat menjadi penopang bangkitnya perekonomian masyarakat. Dengan adanya Even ini diharapkan ada putaran uang yang besar, ini harus dihitung oleh ketua penyelenggara agar terakhir ketika reses menjadi barometer bagi keberhasilan Pameran Pembangunan di setiap kecamatan.

Sebelumnya saya mendapat laporan setelah gelaran Candipuro Fair yang pertama pertumbuhan dan geliat usaha UMKM semakin tinggi, maka saat ini masalah produk UMKM mulai merambah dunia digital, marketing melalui media sosial, aplikasi online dapat meningkatkan penjualan produk.

Upaya upaya seperri ini harus mendapatkan apresiasi, Camat saya minta untuk memberi perhatian kepada mereka, membina para pelaku UMKM untuk lebih kreatif dan inovative memanfaatkan setiap peluang yang ada, terutama pandai memanfaatkan ruang digitalisasi mengingat hampir seluruh masyarakat menggunakan perangkat Hand Phone yang canggih yang terhubung dengan aplikasi online, selain itu pemasaran juga menjadi sangat luas bahkan sampai ke Negara lain.

Manfaatkan setiap peluang menjadi peluang usaha, termasuk kegiatan Even Candipuro Fair ini harus menjadi Yoga dimanfaatkan sebagai salah satu media atau ruang promosi UMKM, UKM dan usaha lainnya.

Penyelenggaraan even Candipuro Fair ini merupakan langkah nyata dalam melihat beberapa potensi dari masing masing desa yang akan menyebabkan sumber penghasilan asli desa dan harus menjadi upaya pemerintah kecamatan dan desa dalam menilai pendapatan masyarakat.

Saya minta kepada Camat dan seluruh Kepala desa diseluruh kecamatan Candipuro untuk terus memggali potensi yang ada diwilayah masing masing bukan saja sektor UMKM dan UKM
tetapi sektor lain meliputi Pariwisata, Seni Budaya yang bisa menjalin kerjasama dengan pihak Swasta untuk mengembangkannya.

Apalagi saat ini kecamatan Candipuro sedang mengembangkan sektor Pariwisata dengan membawa proyek wisata air di desa Banyumas sehingga membawa desa ini menjadi desa wisata kedepannya.

Saya mengajak seluruh masyarakat kecamatan Candipuro untuk beramai ramai mengunjungi dan menikmati kemeriahan Candipuro Fair ini, ajak keluarga untuk berkunjung kesini, silahkan berbelanja dengan kapasitas kebutuhan sebagai wujud apresiasi kepada UMKM kita.

Pada akhir sambutanya Sekdakab Lamsel dengan mengucap bismillahirohmannirohim kegiatan Even Candipuro Fair 2024 saya nyatakan resmi di buka, tutupnya. (Cak/Pendi)