(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG- Pendidikan Fisika FKIP Unila bekerja sama dengan MGMP Fisika selenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) dengan tema “Penyusunan Project Based Learning Mata Pelajaran Fisika untuk Kurikulum Merdeka bagi Guru Fisika SMA/MA Provinsi Lampung”. Kegiatan diselenggarakan pada Selasa, 5 Maret 2024 bertempat di Gedung K FKIP Unila.

Dr. Viyanti, M.Pd., selaku Ketua Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unila melaporkan, pada kegiatan ini diisi tiga narasumber yakni Prof. Dr. Agus Suyatna, M.Si., Prof. Dr. Abdurrahman, M.Si., dan Dr. I Wayan Distrik, M.Si. Narasumber ketiga akan saling melengkapi untuk memberi tambahan wawasan kepada para Guru Fisika tentang tema yang diangkat.

Dalam wawancara Dr. Viyanti, M.Pd., juga menjelaskan, luaran pada kegiatan ini adalah berupa Modul Ajar Project Based Learning Mata Pelajaran Fisika. Modul ajar tersebut langsung dapat diterapkan pada pembelajaran di kelas.

Kegiatan ini diikuti 30 Guru Fisika yang sebagian besar berasal dari Kota Bandar Lampung, turut hadir juga Guru dari SMAN 3 Tumijajar, Tulang Bawang Barat, dan SMAN 1 Sumberejo Tanggamus. Turut hadir Ketua MGMP Fisika Provinsi Lampung, Pembina MGMP Fisika, dan Ketua Laboratorium Microteaching FKIP Unila.

Hendra Putra, S.Pd., M.Pd., selaku Ketua MKKS SMA Provinsi Lampung dan Pembina MGMP Fisika menyampaikan rasa senang atas kerja sama antara kampus dalam hal ini Pendidikan Fisika FKIP Unila dan MGMP yang masih terus dipertahankan dan berkesinambungan.

Hendra dalam Berbagai juga menyampaikan, guru-guru selain memiliki kompetensi di bidang ilmu Fisika juga ilmu tentang berbagai macam metode pembelajaran.

“Mudah-mudah di masa depan kerja sama yang sudah terjalin dengan baik menjadi lebih luas cakupannya di mana tidak hanya bagi Guru-guru Fisika se-Bandar Lampung, tapi mencakup Guru Fisika se-Provinsi Lampung,” ujar Hendra.

Menindaklanjuti fenomena pembelajaran di sekolah saat ini, hendra juga menjelaskan, di sekolah saat ini sedang bertransformasi dan beradaptasi dengan adanya perubahan kurikulum.

Maka dalam kegiatan ini perlu diberikan informasi-informasi melalui terobosan-terobosan, sehingga penilaian kinerja guru yang saat ini dihubungkan dengan PMM dapat tercapai. Dengan PMM sendiri, guru-guru perlu meningkatkan kompetensinya, sebagai contoh melalui pelatihan-pelatihan dan bimtek.

Di akhir Berbagai, Hendra berharap, para peserta dapat mengikuti kegiatan ini secara maksimal dan memastikan setiap guru memperoleh kompetensi secara maksimal dan segera dapat diimplementasikan di dalam kelas.

Prof. Dr. Undang Rosidin, M.Pd., selaku Ketua Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Unila dalam Perayaannya mengucapkan terima kasih kepada MGMP atas kerja sama yang terus terjalin.

Kegiatan ini juga merupakan langkah bersama antara program studi dan para alumni Pendidikan Fisika yang tergabung dalam MGMP untuk mendukung akreditasi Unggul. Adapun tema yang diangkat dalam bimtek ini cukup bagus yakni tentang pembelajaran berbasis PjBL yang saat ini menjadi tren pada pembelajaran Fisika khususnya.(Red)