(pelitaekspres.com) -TAMIANG LAYANG- Partisipasi pemilih pemilu 2024 mencapai 84 persen Pj Bupati Bartim mengapresiasi partisipasi masyarakat Barito Timur yang telah mendukung suksesnya Pemilu 2024. Sabtu (17/02/2024).

“Berdasarkan laporan dan data yang saya terima, partisipasi masyarakat (pemilih) mencapai 84 persen,” kata Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunawan.

Menurut Indra Gunawan, tingkat partisipasi yang tinggi ini merupakan bukti dari kesuksesan sosialisasi yang luas, menjangkau berbagai lapisan masyarakat, tentang pentingnya peran serta dalam pemilu. Data tentang partisipasi ini juga telah disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran.

“Tingkat partisipasi delapan puluh empat persen ini artinya suatu keberhasilan sosialisasi pada seluruh lapisan masyarakat betapa pentingnya pemilu untuk memilih pimpinan kita ke depan, baik itu presiden, DPD, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten,” jelasnya

Antusias masyarakat sangat tinggi, perbandingan yang signifikan dapat dilihat dari meningkatnya persentase partisipasi pada pemilu terakhir pada 2020 yang hanya mencapai sekitar 77 persen.

Indra juga mengharapkan tingkat partisipasi yang tinggi ini dapat juga diwujudkan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) mendatang yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada bulan November 2024 mendatang sesuai peraturan perundang-undangan. (HY)