Home / EKONOMI / Melalui Kolaborasi, JNE Dukung Akselerasi UMKM Lampung di JNE Ngajak Online 2022

Melalui Kolaborasi, JNE Dukung Akselerasi UMKM Lampung di JNE Ngajak Online 2022

 (pelitaekspres.com) -BANDAR LAMPUNG-Juni 2022 – Kementerian Perekonomian RI terus berupaya untuk mengakselerasi berbagai langkah dukungan kepada Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) yang berperan sebagai penggerak pemulihan ekonomi. Upaya ini didukung oleh pemangku kepentingan lainnya di berbagai lapisan masyarakat, termasuk JNE sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik.

Melalui webinar JNE Ngajak Online – Goll..Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Lampung, JNE menghadirkan lebih dari 203 pegiat UMKM setempat.

Webinar ini dibuka oleh Ahmad Junaidi selaku Branch Manager JNE Lampung. “Kami melakukan roadshow pelatihan agar UMKM bisa beradaptasi dengan kanal digital dan menyeimbangkan penjualan offline dan online”, bukanya.

Ahmad menilai untuk mendorong kegiatan UMKM Lampung, upaya sinergi, kerjasama, dan kolaborasi memainkan peranan esensial. Untuk menjangkau ribuan UMKM di Lampung, Ahmad menyampaikan “Jaringan kita cukup luas di provinsi dan kecamatan, jaringan kami yang luas ini memudahkan upaya kolaborasi dan kerjasama”, imbuhnya.

Hal ini disepakati oleh Askha selaku Owner Askha Jaya Keripik, yang telah menggeluti bisnis keripik pisang sejak 2018 silam. Sebagai salah satu sektor yang cukup terdampak COVID-19, kolaborasi jadi salah satu jawaban agar bisnisnya tetap bertahan.

“Bisa dikatakan kami benar-benar terdampak dengan adanya pandemi karena penjualan produk kami bergantung pada keberlangsungan sektor pariwisata”, ujar Askha pada JNE Ngajak Online, Jumat 17 Juni 2022.

“Meski tidak bertatap muka, kami jadi kerap melangsungkan kolaborasi dengan pengusaha UMKM lainnya.” Berbagai inovasi digarap Askha sebagai buah dari tukar pikiran dengan pegiat UMKM di Lampung.

Kreativitas Askha terus ditonjolkan di era pandemi, mampu mengadaptasi tren yang ada jadi satu hal yang bisa dipetik darinya. Misalnya, berinovasi menghasilkan produk keripik pisang rasa ayam geprek dan salted egg disaat kedua makanan tersebut sedang digandrungi masyarakat.

Ide-ide tersebut menjadi diferensiasi dan daya tarik Askha Jaya Keripik dibanding kompetitornya. Selain daya tarik pada produk, Askha juga tekun memasarkan di kanal digital seperti e-Commerce dan memanfaatkan reseller serta distributor untuk memperluas brand awareness produknya di media sosial.

Lain hal dengan Sheyla Taradia Habib, Owner Beeme Official yang penjualannya justru melejit di era pandemi. “Di era pandemi perawatan kulit peminatnya meningkat karena masyarakat di rumah semakin sadar untuk mempercantik kulit. Dengan besarnya keinginan konsumen untuk menambah penghasilan, angka reseller terus meningkat yang berdampak pada angka penjualan.”

Sepakat dengan pernyataan Askha mengenai diferensiasi, Sheyla menyatakan “Diferensiasi produk kita yaitu perawatan kulit untuk ibu dan anak yang semua bahannya merupakan turunan lebah. Kalau kompetitor memiliki produk khusus untuk Ibu dan khusus anak, produk kami bisa digunakan oleh baik ibu dan anak”, imbuhnya.

Menutup diskusi hari ini, Askha menyampaikan JNE sangat membantu UMKM dengan adanya kolaborasi bersama dan dengan adanya layanan JNE Roket. JNE Roket adalah sebuah layanan Same Day Service yang dapat diakses melalui aplikasi. Layanan kiriman instan ini dihadirkan agar memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen. Luthfi Zein selaku Head of Price and Product Development Dept. JNE Roket menyampaikan “Saat ini aplikasi JNE Roket sudah mencapai 3.900 downloader, dan secara rating kami masih cukup baik.”

Layanan JNE Roket telah tersedia di 48 cabang di Indonesia. Selain praktis dan gesit, layanan multi drop juga tersedia yang membolehkan pengguna mengirim paket ke berbagai lokasi dalam satu kali order.

Dukungan lainnya yang diberikan JNE bagi keberlangsungan UMKM Lampung adalah adanya promo berkala dan adanya platform PESONA (Pesanan Oleh-Oleh Nusantara) yang memperkenalkan produk UMKM lokal, apresiasi JLC (JNE Loyalty Card), dan pelatihan seperti JNE Ngajak Online 2022.

Lampung merupakan kota ke-19 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2022 akan dilakukan di 59 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Lampung, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Jakarta pada 24 Juni 2022.(*)

About admin adminku

Check Also

Listrik PLN Serui Sering Padam, Ternyata ini Penyebabnya

(pelitaekspres.com) -YAPEN- Keluhan pelanggang Listrik PLN ULP Serui sering terdengar langsung dikalah siang maupun malam …

Tinggalkan Balasan