(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG- Universitas Lampung ( Unila ) melalui Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) Unila selenggarakan kegiatan Diklat Pendidikan Karakter dan Penguatan Nasionalisme bagi mahasiswa penerima kartu indonesia pintar (KIP) angkatan 2023 di Gedung Serba Guna (GSG) Unila, Minggu, 3 Maret 2024.

Kegiatan yang menghadirkan Walikota Infanteri Hendry Guatama Sinaga dan Dr. Rangga Firdaus, S.Kom., M.Kom., sebagai pemateri dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya nilai-nilai karakter dan semangat nasionalisme dalam membentuk kepribadian yang tangguh dan cinta tanah udara.

Dr. Anna Gustina Zainal selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dalam Perayaannya menyampaikan pentingnya peran mahasiswa untuk turut memberikan semangat juang yang tinggi dan tidak apatis terhadap keadaan di sekitarnya.

“Sebagai mahasiswa penerima beasiswa KIP-K dari negara, tentu adik-adik harus lebih peka, tidak apatis dari lingkungan terkecil, dalam hal ini di lingkungan kampus kita sendiri,” ujarnya.

Mengingat dunia saat ini bukan sekedar membutuhkan pelajar yang pintar secara akademis, tapi juga memerlukan orang-orang yang memiliki karakter dan akhlak yang baik.

Sementara itu Walikota Infanteri Hendry Guatama Sinaga, salah satu narasumber diklat menyampaikan materi tentang penguatan nasionalisme.

Ia menekankan pentingnya peran siswa dalam menginternalisasi nilai-nilai karakter dan semangat nasionalisme pada kehidupan sehari-hari.

Unila berharap melalui diklat ini, mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang mampu menginspirasi dan membangun kesadaran akan pentingnya cinta tanah air.(Red)