(pelitaekspres.com) –TUBABA – Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Drs. M. Firsada, M.Si. membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Lambu Kibang.

Dengan tema “Peningkatan SDM yang Adaptif dan Inovatif Dalam Mendukung Produktivitas Daerah”, kegiatan tersebut diikuti seluruh perangkat daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tubaba dan dihadiri seluruh kepala tiyuh dan Badan Permusyawaratan Tiyuh (BPT) se-kecamatan, yang berlangsung di Balai Tiyuh/Desa Kibang Budi Jaya. Kamis (01/02/2024).

Dalam arahannya, Pj. Bupati M. Firsada mengatakan, kegiatan Musrenbang merupakan program tetap yang dilaksanakan setiap tahun dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari mekanisme perencanaan.

“Kegiatan Musrenbang ini dilaksanakan secara berjenjang, yang dimulai dari tingkat tiyuh, kecamatan, kabupaten, bahkan provinsi dan pusat. Hal tersebut sudah diatur didalam perencanaan pembangunan daerah,” ucapnya.

Berbicara pembangunan, sambung Firsada, tentu saja tidak lepas dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang setiap tahunnya di anggarkan dan APBD Kabupaten Tubaba pada tahun 2024 ini sebesar 928,048 miliar.

“Tentunya dengan jumlah APBD tersebut masih belum bisa mencukupi semua kebutuhan pembangunan, meski Pemda Tubaba telah berupaya melaksanakan anggaran sesuai dengan kebutuhan, terutama dalam penanganan kesehatan, penyediaan jaring pengaman sosial dan penguatan perekonomian daerah serta dalam masalah kerukunan dan keagamaan,” ujarnya.

“Karena terbatas ini kita harus membuat prioritas, mana yang mendesak dan mana yang urgen. Untuk mengetahui apa yang menjadi prioritas, pemerintah sudah menetapkan mandatory spending atau belanja wajib. Belanja wajib yaitu berupa kesehatan, pendidikan, infrastruktur,” pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan