(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG – Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (UKM) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pesawaran akan melakukan kunjungan ke Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya pada Selasa, (16/1/24).

Adapun kunjungan dalam rangka pembahasan lanjutan kerjasama pelaksanaan Sistem Informasi Monitoring Kinerja UMKM (SiMoniK). Direncanakan perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Ari Prasetia, S.T., M.Si. akan hadir dalam kunjungan tersebut.

Kepala Lembaga Penelitian, Pengabdian, dan Masyarakat (LP2M) IIB Darmajaya, Dr. Sri Lestari, S.Kom., M.Cs., mengatakan Dinas Koperasi dan UKM Pesawaran terkonfirmasi akan berkunjung ke IIB Darmajaya. “Pagi hari Dinas Koperasi dan UKM ke Darmajaya untuk membahas kelanjutan kerjasama pengelolaan dan pengembangan SiMoniK,” ungkapnya.

Selama ini, lanjut dia, IIB Darmajaya melakukan kolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UKM Pesawaran untuk pengembangan SiMoniK dan pengelolaannya. “SiMoniK ini merupakan luaran dari hibah PTUPT (Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi) yang diberikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia,” ucapnya.

Dr. Sri Lestari menerangkan pelaksanaan hibah berjalan selama tiga tahun (2021 – 2023). “Tahun lalu sudah selesai. Pihak Dinas ingin keberlanjutan dalam pengelolaan selanjutnya setelah selesai,” tuturnya.

Selain Dinas Koperasi dan UKM, lanjut dia, siang hari, Disdukcapil Pesawaran juga akan mengunjungi IIB Darmajaya. “Disdukcapil berencana untuk silaturahmi ke LP2M Darmajaya,” ungkapnya.

Dr. Sri Lestari menuturkan untuk pertemuan dengan Disdukcapil, LP2M akan menginventarisasi permasalahan yang bisa dijadikan bahan penelitian dosen. “Direncanakan juga untuk pembahasan kerjasama antara keduanya,” pungkasnya. (**)