Home / Pemkab / Libur Sekolah dan Nataru Pemkab Imbau Pengelola dan Pengunjung Destinasi Wisata Alam Waspada Cuaca Ekstrim

Libur Sekolah dan Nataru Pemkab Imbau Pengelola dan Pengunjung Destinasi Wisata Alam Waspada Cuaca Ekstrim

(pelitaekspres.com) -PURWAKARTA – Memasuki liburan sekolah, Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, Pemerintah Daerah melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, mengingatkan para pengelola dan pengunjung destinasi wisata alam khususnya, untuk lebih waspada terhadap perubahan cuaca. Selasa (27/12/2022).

Beberapa hari ini di bulan Desember 2022, perubahan cuaca, khususnya di wilayah Kabupaten Purwakarta cukup mempengaruhi terhadap destinasi wisata alam.

PJ Kadis Poraparbud Kabupaten Purwakarta Wibisono melalui Kabid Pariwisata Acep Yulimulya menghimbau kepada seluruh pengelola obyek wisata, khususnya obyek wisata alam, untuk lebih mewaspadai terhadap perubahan cuaca, hingga dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Kabupaten Purwakarta sendiri dari 17 Kecamatan seluruhnya ada 5 kecamatan yang memiliki potensi destinasi wisata alam, seperti di wilayah kecamatan Wanayasa, Kiarapedes, Bojong, Jatiluhur, dan Kecamatan Sukasari. Yang di wilayah tersebut berada di wilayah pegunungan, yang banyak pepohonan dan tebing tebing,” ujarnya.

Namun Acep berharap, “Di musim liburan sekolah dan Nataru dipastikan terjadi peningkatan jumlah pengunjung di sejumlah obyek wisata di kabupaten Purwakarta, sehingga pihak kami Disporaparbud Kabupaten Purwakarta telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Damkar dan Intansi terkait lainnya, guna mengantisipasi dampak perubahan cuaca,” terang Kabid Pariwisata Disporaparbud Purwakarta.

Ditemui terpisah disalah satu pengunjung di destinasi wisata “Anven Waterpark Purwakarta” Pupung Saefuloh mengatakan, di musim cuaca ekstrem yang bertepatan dengan liburan sekolah dan Nataru, kami lebih mengantisipasi dalam menjajakan keluarga untuk berwisata yang aman. Karena di Kabupaten Purwakarta ada beberapa wilayah yang rentan terjadi bencana baik pergerakan tanah, longsor dan pohon tumbang dikala perubahan cuaca.

“Kami bersama keluarga sengaja memilih destinasi wisata yang ada di pusat kota Purwakarta, karena selain jaraknya dekat dan tiket masuknya murah, juga aman dari pohon tumbang dan longsor. Intinya jauh lebih aman untuk memanjakan anak ataupun keluarga untuk liburan,” katanya.

Dilokasi yang sama pengelola objek wisata Anven Waterpark Purwakarta, Sasa Nurjaman menjelaskan, destinasi wisata air Anven Waterpark dan cafe berada di wilayah kota Kabupaten Purwakarta, yang tidak kalah menarik dengan destinasi wisata lainnya di Purwakarta.

“Soal perubahan cuaca, kami pihak pengelola destinasi wisata Anven Waterpark dan cafe telah mengantisipasi untuk keselamatan pengunjung, kecuali kehendak-nya (Allah SWT, red). Terkait jumlah pengunjung, Alhamdulillah sejak awal libur sekolah dan Nataru, Destinasi wisata Anven Waterpark & Cafe mulai mengalami peningkatan hingga 500 orang,” ucapnya.

Sementara itu, sambung Lurah Cipaisan Saefuloh Anshor menambahkan, sejak awal libur sekolah dan Nataru, kami pastikan, kepada pengelola dan pengunjung wisata lebih meningkatkan keamanan dan selalu tetap waspada, karena beberapa hari ini faktor cuaca kurang mendukung.

“Kami pastikan pengelola destinasi wisata dan pengunjung aman dan nyaman dalam menikmati libur sekolah dan Nataru di destinasi wisata air di wilayah kami (Kelurahan Cipaisan, red) agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” harapnya. (DR)

 

About admin adminku

Check Also

Pemerintah Kabupaten Asahan Terima Kunker Anggota DPRD Provsu

(pelitaekspres.com) -ASAHAN – Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin S, Sos, M. Si menerima Kunjungan …

Tinggalkan Balasan