Home / Komando / Lestarikan Ekosistem Dan Biota Laut, Pangdam Tanam Terumbu Karang Di Sekitar Pulau Burung Tanjung Kelayang Belitung

Lestarikan Ekosistem Dan Biota Laut, Pangdam Tanam Terumbu Karang Di Sekitar Pulau Burung Tanjung Kelayang Belitung

(pelitaekspres.com) – BELITUNG – Kabupaten Belitung, khususnya Pulau Burung di wilayah Tanjung Kelayang, memiliki wilayah laut  yang indah dan sering dijadikan sumber kehidupan bagi masyarakatnya. Sehingga banyak terumbu karang yang harus dijaga di laut, karena itu peran seluruh elemen masyarakat, termasuk TNI terhadap lingkungan sangat diperlukan untuk kepentingan kelestarian alam dan pariwisata khususnya wisata bahari.

Terkait hal itu, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han., bersama kelompok Pemerhati Ekosistem dan Biota Laut KEK Tanjung Kelayang, kelompok PELITA (Pecinta Lingkungan Tanjung Kelayang) dan Garude Care Diving, melakukan kegiatan transplantasi dan budi daya serta penanaman terumbu karang di area laut sekitar kawasan Pulau Burung, Tg. Kelayang, Belitung, Jumat (09/12/2022).

Kegiatan bersama dengan Pencinta Lingkungan Tanjung Kelayang tersebut diwujudkan dalam bentuk transplantasi Substrat dan penanaman sekitar 500 Terumbu Karang yang ditanam pada kegiatan ini dan di tanam di titik 20 sampai dengan 30 meter dari bibir pantai dengan kedalaman 12 meter.

Menurut Pangdam, kegiatan penanaman terumbu karang itu dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap kerusakan lingkungan dan biota laut di Wilayah Pantai Wisata khususnya di Pulau Belitung, yang rusak akibat pencemaran lingkungan yang berasal dari sampah plastik. Hal ini sejalan dengan tema HUT Provinsi Babel Tahun 2022 ini yaitu “Hijau Biru Babelku”.

Pangdam juga berharap, dengan digalakkannya penanaman terumbu karang, akan memperbaiki kembali ekosistem laut yang telah rusak, sehingga dapat mengembalikan biota laut yang hidup di dalamnya untuk kemakmuran masyarakat sekitar.

Beberapa pejabat pun turut dan ikut serta dalam. Kegiatan menanam terumbu karang diantaranya, Kasdam II Sriwijaya, Kapok Sahli Pangdam II/Swj, Danrem 045/Gaya, Asrendam, Para Asisten Kasdam, Para Kasi Korem 045, Kapendam ll/Swj, Kakesdam ll/Swj dan Dandim 0414/Belitung. (Rls/Ags).

About admin adminku

Check Also

Truk Fuso Bermuatan 20 Ton Beras Terperosok di Jalinbar Pringsewu

(pelitaekspres.com) –PRINGSEWU- Sebuah Kendaraan truk Fuso bernomor Polisi BE 9160 CD bermuatan 20 ton beras …

Tinggalkan Balasan