(pelitaekspres.com) -MOJOKERTO,- Serangkaian kegiatan digelar oleh pihak Korem 082/CPYJ dalam memperingati adanya HUT Kodam V/Brawijaya ke-74, tahun ini.

Salah satunya, dengan adanya gelaran pentas wayang kulit yang digelar di Pendopo Agung Trowulan pada Sabtu (18/12) malam.

Hadir mewakili Danrem 082/CPYJ, Letkol Inf M. Iqbal Prihanta Yudha menjelaskan gelaran wayang kulit itu digelar secara terbuka. Beberapa hiburan lainnya pun, turut menghiasi Pendopo Agung Trowulan.

“Pentas ini sebagai saran untuk mempererat silaturahmi, Kemanunggalan TNI dan rakyat, sekaligus memperkokoh Persatuan dan Kesatuan,” jelas Letkol Inf M. Iqbal.

Seni wayang kulit, kata dia, sudah menjadi warisan budaya para leluhur yang penting untuk dilestarikan. Wayang kulit, menurutnya mengandung berbagai falsafah kehidupan.

“Seni dan budaya ini, bisa diambil nilai-nilai filosofi dan religious-nya. Pada dasarnya, semua tokoh pewayangan ini mampu mempengaruhi tingkah laku, sikap maupun prinsip hidup bermasyarakat,” bebernya.