(pelitaekspres.com)  – JAKARTA –Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024. Dalam kesempatan tersebut Jokowi menyampaikan selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh insan pers di Tanah Air.

Ucapan itu disampaikan Presiden Jokowi saat mengawali pidatonya di Econventional Hall Ecopark Ancol, Jakarta, Selasa, (20/2/24).

“Pertama-tama atas nama rakyat, atas nama pemerintah, saya menyampaikan selamat Hari Pers Nasional 2024,” katanya pada acara tersebut yang dihadiri langsung oleh ribuan peserta. Baik pejabat pada lingkungan kementrian, pejabat daerah, maupun perwakilan organisasi wartawan dan Owner media se- Indonesia.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan pers yang secara konsisten menemani masyarakat dalam kehidupan berdemokrasi.

“Saya juga berterima kasih kepada pers yang turut mengawal Pemilu 2024 yang baru saja kita jalani,” katanya Presiden Jokowi.

Lanjut Jokowi, pemerintah menyadari berbagai tantangan yang dihadapi insan pers di era digital, sehingga pemerintah terus berupaya untuk mendukung ekosistem pers yang adaptif dengan tetap menghormati kebebasan pers.

Puncak Peringatan HPN 2024 sore ini mengangkat tema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”.

Presiden Joko Widodo beserta rombongan tiba di lokasi acara pada pukul 16.05 WIB. Turut mendampingi Presiden dalam agenda tersebut di antaranya Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Tampak turut hadir Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Sebagai catatan, HPN yang diperingati setiap 9 Februari menjadi salah satu pijakan jurnalisme di tanah air.

Eksistensi wartawan Indonesia semakin teguh dalam perannya mewujudkan cita-cita kemerdekaan, sekaligus sebagai salah satu pilar demokrasi. HPN juga merupakan penghargaan bagi seluruh insan pers yang telah berkontribusi dalam memajukan dan menjaga keutuhan bangsa Indonesia. (Res/Mar)