(pelitaekspres.com) -MOROWALI  UTARA-  Dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kebersihan lingkungan, Kodim 1311/Morowali bekerja sama dengan Polres Morowali dan Pemerintah Daerah Morowali Utara mengadakan kegiatan karya bakti pembersihan pasar tradisional di Desa Beteleme, Kecamatan Lembo, Kabupaten Morowali Utara. Kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif pencegahan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk, khususnya demam berdarah, Sabtu (25/5/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan ini melibatkan berbagai elemen masyarakat dan instansi pemerintah, di antaranya personel dari Koramil 1311-04/Lembo, Polsek Lembo, Camat Lembo beserta staf, Kepala Desa Beteleme bersama staf, serta pelajar sekolah setempat. Secara bersama-sama, mereka bergotong-royong membersihkan area pasar tradisional dengan fokus pada penanganan sampah dan tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Dandim 1311/Morowali, Letkol Inf Alzaki, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan pasar tradisional yang bersih dan asri. “Pasar yang bersih tidak hanya memberikan kenyamanan bagi para pedagang dan pembeli, tetapi juga mengurangi risiko penyebaran penyakit seperti demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk. Kami berharap karya bakti ini dapat memberikan dampak positif dan manfaat yang nyata bagi masyarakat Desa Beteleme dan sekitarnya,” ujar Letkol Inf Alzaki.

Lebih lanjut, Letkol Inf Alzaki menekankan pentingnya peran serta semua pihak dalam menjaga kebersihan lingkungan. “Kegiatan ini juga sebagai wujud komitmen TNI dalam mendukung kesehatan masyarakat serta menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Kami berharap sinergi antara TNI, Polri, pemerintah daerah, dan masyarakat dapat terus terjalin dengan baik dalam berbagai kegiatan positif lainnya.”

Camat Lembo, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, menyatakan apresiasinya terhadap inisiatif Kodim 1311/Morowali. “Kami sangat mendukung kegiatan ini karena pasar tradisional adalah salah satu pusat aktivitas masyarakat. Dengan adanya karya bakti ini, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan,” kata Camat Lembo.

Kegiatan pembersihan ini diakhiri dengan pemberian edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan langkah-langkah pencegahan demam berdarah. Diharapkan melalui kegiatan ini, masyarakat semakin peduli dan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan demi kesehatan bersama.

Kodim 1311/Morowali, Polres Morowali, dan Pemda Morowali Utara berkomitmen untuk terus melakukan kegiatan serupa di berbagai tempat lain, guna mendukung terwujudnya lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman bagi seluruh masyarakat.( Red )

Tinggalkan Balasan