(pelitaekspres.com) -BATANG – Musim hujan yang tiba berpotensi bencana, terutama banjir. Desa Cepagan, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, menjadi perhatian serius bagi ratusan prajurit dari Kodim 0736/Batang bersama Polres Batang dan berbagai organisasi masyarakat, Kamis (11/1/ 2024).

Kepala Desa Cepagan, Hery Kiswanto, menyambut baik inisiatif yang memperlihatkan kepedulian terhadap lingkungan dan warganya.

“Tindakan pembersihan sungai tersebut sangat membantu masyarakat dalam mencegah potensi banjir di musim penghujan awal tahun ini,” ungkap Hery Kiswanto.

Sungai Sawah Sri ini, dulu airnya sangat jernih dan lancar, tetapi sekarang airnya kelihatan kotor dan tidak lancar, itu akibat tumpukan sampah dan pinggiran sungai ditumbuhi rumput lebat.

“Jika tidak ada upaya pembersihan sampah dan rumput, air sungai berpotensi akan meluap dan menyebabkan banjir,” jelasnya.

Dandim 0736/Batang, Letkol Inf. Ahmad Alam Budiman, mendapatkan informasi tentang tersumbatnya aliran sungai Sawah Sri Desa Cepagan. Tanpa menunggu lama, ia mengambil tindakan dengan cepat, mengerahkan prajurit Kodim 0736/Batang dibantu oleh Polres Batang , organisasi masyarakat, dan warga sekitar untuk membersihkan aliran sungai. Langkah ini diambil tepat pada saat intensitas hujan tinggi awal tahun 2024.

“Proses pembersihan ini berlangsung cepat dan efisien, dengan hasil yang sudah terlihat dalam waktu beberapa jam. Yang sebelumnya merupakan sungai yang ditumbuhi semak belukar, kini tersaji bersih dan aliran airnya lancar,” ujarnya.

Meskipun mengalami sedikit hambatan di bawah jembatan, di mana tumpukan sampah nyaris menutup aliran sungai, namun hambatan tersebut berhasil diatasi melalui tenaga manual dan semangat, serta kekompakan warga bersama TNI/Polri.

“Dengan kerja sama yang kuat antara Kodim, Polres, dan masyarakat, kami mampu menciptakan perubahan yang nyata untuk kebaikan lingkungan dan keselamatan warga setempat dari bahaya banjir,” pungkas Dandim.

Nampak Dandim dan Kapolres Batang AKBP Saufi Salamun memantau langsung karya bakti tersebut.(Abd)