(pelitaekspres.com) –YAPEN- Ikatan Keluarga Maluku (  IKEMAL ) Cabang Kabupaten Kepulauan Yapen memperingati Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura Ke 207 Tahun di depan Tugu 17 Trikora Alun – Alun Kota Serui. 15 Mei 2024.

Setiap tanggal 15 Mei diperingati untuk  mengenang jasa Pahlawan asal Maluku Kapitan Pattimura yang berjuang melawan dan mengusir penjajahan dari bumi Maluku negeri para Raja-raja, perayaan ini di tandai dengan pembakaran obor  yang di arak arak mengilingi pusat kota Serui.  Berfungsi untuk membakar semangat perjuangan Kapitan Pattimura. Selain untuk  mengingatkan kembali kepada generasi muda akan semangat dan heroisme Kapitan Pattimura  bersama para pejuang lainya dalam mengusir penjajahan dari bumi Maluku.

Kapitan Pattimura bersama pejuang lainya,  207 Tahun yang lalu dengan  bermodalkan parang dan salawaku. Penuh dengan semangat perjuangan.”maju terus pantang mundur ” melawan dan mengusir penjajahan dari bumi Maluku. Obor perjuangan Pattimura telah kita saksikan dan di nyalakan oleh bapak Dandim 1709/Yawa sebagai pertanda semangat dan gelora perjuangan Kapitan Pattimura itulah yang harus kita terus kobarkan, kita gelorakan dalam masa-masa hidup kita. Secara khusus generasi kaum muda Maluku penerus perjuangan bangsa,” Ucap Ketua IKEMAL Harold Wenno  AP, M.Si dalam sambutanya.

Ketua IKEMAL juga mengatakan, tantangan bagi Pattimura-Pattimura masa kini bukanlah  menghadapi tantangan yang muda. Akan tetapi,  tantangan yang berat karena perjuangan kita bukan lagi mengandalkan  otot atau fisik. Tetapi perjuangan di masa kini mengandalkan otak dan karakter. Generasi muda Maluku perlu mempersiapkan diri meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, menguasai teknologi dan ilmu pengetahuan.

” Melalui momentum ini, Saya berpesan, kembangkan terus potensi diri kalian, hasilkan inovasi, yang di butukan sesuai dengan bidang dan talenta masing – masing yang telah Tuhan sang pencipta anugerahkan ” Pesan Ketua IKEMAL Harold Wenno.

Selaku Ketua Cabang IKEMAL Kabupten Kepulauan Yapen, merasa bersyukur dan berterima kasih serta apresiasi kepada Tuhan yang Maha kuasa, kepada Pemerintah Daerah Kabupten Kepulauan Yapen, kepada Forkopimda, Komunitas Adat Papua, semua penguyuban dan segenap elemen masyarakat di Kabupten Kepulauan Yapen. Yang terus menerus memberikan perhatian, dukungan, kasi sayang kepada kami anak – anak Maluku untuk terus bekerja dan berkarya 1memngun daerah yang kita cintai bersama ini.” Tutupnya.

Turut hadir,  Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Baskoro Wijaya Admanto, Polres Kepulauan Yapen, Kejaksaan Negeri Kepulauan Yapen, Asisten l Sekda Ir. Edy.N Modumi, Asisten lll Setda Ir. Wahyudi Irianto, Ketua Cabang IKEMAL Kepulauan Yapen Harold Wenno,   Ketua Dewan Adat Daerah Kepulauan Yapen Wellim Zaman Bonai, Para Ketua Kerukunan  dari 4 Kabupaten di  Maluku dan Maluku Utara, Para Ketua paguyuban yang hadir serta sesepuh dan seluruh Masyarakat Maluku dan Maluku Utara di Kabupten Kepulauan Yapen.(GM)

Tinggalkan Balasan