Home / NASIONAL / Kepala Perpusnas RI Resmikan Gedung Layanan Perpus Nias Utara

Kepala Perpusnas RI Resmikan Gedung Layanan Perpus Nias Utara

(pelitaekspres.com) -NIAS UTARA- Kepala Perpusnas RI Drs. Muhammad Syarif Bando,MM, Resmikan Pemakaian Gedung Layanan Perpustakaan Kabupaten Nias Utara, yang dilaksanakan di Kantor Dinas Perpustakaan  dan Kabupaten Nias Utara. Senin(13/06/2022)

Dikutip dari halaman Facebook Kominfo Nias Utara dijelaskan, Peresmian tersebut ditandai dengan  Penandatanganan Prasasti Oleh Kepala PerpusNas RI, Bupati dan Wakil Bupati Nias utara dan pengguntingan pita bersama Ketua DPRD Kabupaten Nias Utara.

Sekda Kabupaten Nias Utara Bazatulo Zebua, SE., M.Ec.Dev pada laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung  Program Literasi Digital Nasional yang digagas Presiden RI, dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah TOR kegiatan peresmian gedung layanan perpustakaan daerah kab.Nisut dan surat penugasan Bupati Nias Utara untuk meningkatkan kepedulian dan sebagai media  promosi ajakan baca buku terhadap masyarakat Nias Utara, dan mendorong masyarakat untuk gemar membaca.

Ketua DPRD kabupaten Nias Utara  Sukanto Waruwu, SE dalam sambutannya  berharap semoga kedatangan di Nias Utara, memberikan masukkan dan program yang mampu meningkatkan minat baca seluruh kalangan masyarakat di Nias Utara terutama dari peserta didik di seluruh Nias Utara.

Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu, S.Pd pada sambutannya, mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bapak Kepala Perpusnas di tengah-tengah masyarakat Nias Utara, adalah sebuah jawaban bagi pemerintah kabupaten Nias Utara untuk membangun dan meningkatkan literasi masyarakat yang lebih baik dan lebih istimewa lagi.

Pada kesempatan tersebut Bupati mewakili seluruh masyarakat Nisut menyampaikan beberapa permohonan kepada Kepala Perpusnas RI antara lain Mobil MPK, Pojok Baca, Gerobak dan Pemantapan Gedung Layanan Perpustakaan Kabupaten Nisut.

Kepala Perpusnas RI  Drs. Muhammad Syarif Bando,MM pada arahan dan bimbingannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas pencapaian dan perjuangan pemerintah Kabupaten Nias Utara yang telah meletakkan fondasi yang lebih kokoh dalam membangun literasi masyarakatnya yang kurang lebih dari 156.000 orang untuk meningkatkan SDM masyarakatnya.

Kepala Perpusnas RI menambahkan bahwa sesungguhnya literasi tidak sekadar bagaimana merangkai kata menjadi lebih indah sampai memiliki makna tetapi bagaimana paradigma kita terhadap literasi dimaksud, disampaikan bahwa literasi adalah tingkat kedalaman pengetahuan seseorang terhadap ilmu pengetahuan dan pengembangan ilmu teknologi yang dapat di capai melalui cinta membaca buku dan belajar.

Pada kesempatan tersebut Kepala Perpusnas RI menyampaikan akan memberikan bantuan mobil MPK kepada pemkab Nisut dan akan mengalokasikan DAK  untuk memenuhi permohonan yang disampaikan oleh Bupati Nias Utara.

Dikesempatan itu juga dilanjutkan Kegiatan pengukuhan  bunda literasi Kabupaten Nias Utara an. Nyonya Arismanwati Amizaro Waruwu dan dilanjutkan dengan Talkshow dengan Nara Sumber Bupati Nisut, Ketua DPRD Nisut, Wakil Bupati Nisut, Kepala Perpusnas RI, dan Drs. Desman Telaumbanua, M.Pd selaku penggiat literasi. Yang di ikuti 150 peserta secara langsung dan 5000 Peserta seluruh Indonesia secara daring.

Pada Akhir acara  Bupati Nias Utara Menyerahkan cindera mata kepada Kepala Perpusnas  RI beserta rombongan.(Toro Harefa)

About admin adminku

Check Also

Dilema Raibnya Ratusan Juta Potensi PAD Dari Pajak Tambang Di Kabupaten Blitar

(pelitaekspres.com) -BLITAR– Dilema pembiaran banyaknya aktifitas penambangan pasir ilegal maupun berijin yang diduga masih abu-abu …

Tinggalkan Balasan