(pelitaekspres.com) -BANDARLAMPUNG – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menjalin kerjasama dengan Novotel Lampung dalam Tri Darma Perguruan Tinggi.

Hal ini setelah dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada Rabu, (28/2/24). Penandatanganan dilakukan General Manager Novotel Lampung, Tomy Yovan Andriansyah yang disaksikan Ketua Prodi Pariwisata IIB Darmajaya Kurnia Fadilla, S.E., M.Sc.

Menurut dia, Novotel Lampung sangat senang dapat menjalin kerjasama untuk peningkatan kompetensi sumberdaya manusia di Provinsi Lampung. “Perkembangan hotel di Lampung sangat cepat dan diharapkan sumber dayanya juga dapat berasal dari Lampung. Hotelnya di Lampung jangan sampai kekurangan sumberdaya dan menggunakan sumberdaya dari luar Lampung,” ucapnya.

Tomy –biasa dia disapa – menerangkan kerjasama ini agar adanya regenerasi dengan meningkatkan resourcenya. Dimana dari tempat pendidikannya juga disesuaikan dengan yang ada di hotel. “Lampung kini telah menjadi salah satu incaran agen pencari kerja untuk perhotelan karena terdapat hotel jaringan internasional. Hotel tidak bisa sendirian dan harus mendapat support dari dunia akademis yakni pendidikan. Dimana teori dari pendidikan dan praktik di hotel,” ujarnya.

Ia juga mengajak untuk membangun karakter dari resources baik di sekolah menengah maupun pendidikan tinggi. “Kita sama-sama bangun untuk generasi-generasi yang berkualitas. Bahasa bisa dipelajari, skill bisa dipelajari dan attitude itu yang harus dibangun,” imbuhnya.

Terpisah, Rektor IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., menyambut baik dengan adanya penandatanganan MoU antara IIB Darmajaya dengan Novotel Lampung. “Novotel merupakan hotel jaringan Accor yang telah bereputasi internasional,” ungkapnya.

Dengan adanya kerjasama ini, lanjut dia, juga sesuai dengan visi IIB Darmajaya menjadi perguruan tinggi Unggul dan Terekognisi Internasional pada tahun 2027. “Semoga kerjasama ini juga dapat terjalin kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak. IIB Darmajaya dapat menjadikan Novotel sebagai tempat magang atau kerja praktik untuk Prodi Pariwisata ataupun prodi lainnya,” ujar dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Rektor berharap MoU ini dapat diimplementasikan segera dengan baik. “Kampus berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama dengan stakeholder dalam mendukung peningkatan kualitas pembelajaran,” pungkasnya. (**)