Home / HUKUM & KRIMINAL / Kakanwil Sorta Delima Pimpin Upacara Tabur Bunga Dalam Rangka Peringati Hari Bhakti Imigrasi ke-73

Kakanwil Sorta Delima Pimpin Upacara Tabur Bunga Dalam Rangka Peringati Hari Bhakti Imigrasi ke-73

(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG- Memperingati Hari Bhakti Imigrasi ke-73 Tahun 2023 yang mengusung tema “Imigrasi Baru Untuk Indonesia Maju”, Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung melaksanakan Upacara Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Bandar Lampung, Selasa (24/1/2023).

Upacara Tabur Bunga dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Lampung, Dr. Sorta Delima Lumban Tobing didampingi Kepala Divisi Administrasi, M.Ikmal Idrus; Kepala Divisi Pemasyarakatan, Dr.Farid Junaedi; Kepala Divisi Imigrasi, Teodorus Simarmata; Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Dr. Alpius Sarumaha; Kepala Bagian Umum, Denial Arif; Plt. Kepala Kanim Imigrasi TPI Kelas I Bandar Lampung, Raden Ayu Fatimah dan seluruh Insan Imigrasi baik Kantor Wilayah maupun Kanim Kelas I TPI Bandar Lampung.

Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Bandar Lampung yang merupakan salah satu rangkaian acara peringatan Hari Bhakti Imigrasi yang ke-73 ini merupakan perwujudan rasa hormat dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pahlawan Bangsa. momen ini diharapkan menjadi momen refleksi diri agar kita melakukan tugas sebaik-baiknya demi memajukan negeri.

Berbagai rangkaian kegiatan tematik, juga diselenggarakan dalam rangka hari Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-73 Tahun 2023 yang terbagi dalam 5 tagline yaitu Imigrasi Melayani, Imigrasi Mengapresiasi, Imigrasi Berbakti, Imigrasi Belajar dan Imigrasi Sehat. ke limanya merupakan wujud Bakti Imigrasi kepada Bangsa dan Seluruh Masyarakat Indonesia.

Kegiatan diawali dengan upacara penghormatan dan doa kepada arwah para pahlawan yang telah gugur dirangkaikan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung oleh Kakanwil. Dalam suasana khidmat, Sorta mengajak seluruh jajarannya untuk memberikan penghormatan dan merenungkan setiap perjuangan para pahlawan yang telah diberikan kepada bumi pertiwi demi perjuangan bangsa dan negara.

Usai pelaksanaan upacara ziarah, Sorta didampingi para Pimpinan Tinggi Pratama lainnya melakukan peletakan karangan bunga di Monumen Taman Makam Pahlawan (TMP) Bandar Lampung sebagai wujud penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan dan pejuang yang telah gugur. Kegiatan dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga di pusara beberapa makam para pahlawan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung diikuti seluruh Pimpinan Tinggi Pratama.

Sorta melanjutkan, hal ini juga sesuai amanat Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia kepada Dirjen Imigrasi, bahwa tugas keimigrasian saat ini semakin berkembang dan dinamis sehingga menuntut seluruh jajaran imigrasi untuk mampu beradaptasi, bekerja lebih baik lagi dan inovatif.

Sehingga, memberikan percepatan dalam pelayanan keimigrasian. Oleh karena itu, melalui seluruh rangkaian yang telah dilaksanakan seperti, pelaksanaan Paspor Simpatik pada hari Sabtu dan Minggu, Pelayanan Eazy Passport (Layanan jemput bola) bagi kelompok rentan, Imigrasi Berbakti hingga Imigrasi Sehat.

Selanjutnya, Peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) Ke-73 Tahun 2023 pada tingkat wilayah Lampung meliputi Imigrasi Berbakti yang terdiri dari Donor Darah pada Rabu, 11 Januari 2023 bertempat di Aula Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandar Lampung. Kemudian kegiatan sosial membersihkan Rumah Ibadah pada Jumat, 13 Januari 2023 bertempat di Musholla dan Halaman Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandar Lampung.

Upacar Ziarah dan tabur bunga pada Selasa, 24 Januari 2023 bertempat di Taman Makam Pahlawan Nasional Tanjung Karang. Terahir Kunjungan Panti Sosial pada Rabu, 25 Januari 2023 bertempat Panti Asuhan Sholawatul Falah Lempasing Pesawaran. Pada acara puncak pada Peringatan Hari Bhakti Imigrasi Ke-73 Tahun 2023 akan dilaksanakan pada hari Kamis, 26 Januari 2023 berupa Upacara Peringatan dan Syukuran Hari Bhakti Imigrasi ke-73 Tahun 2023 di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandar Lampung.

Kemudian pada wilayah pusat Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim selalu berkomitmen untuk memajukan birokrasi keimigrasian dengan ditandai upaya pemajuan dan percepatan dalam 100 hari ke depan, yaitu segi pelayanan, digitalisasi, dan golden visa. Golden Visa merupakan ‘tiket emas’ bagi individu potensial dari berbagai negara untuk mengembangkan modal yang akan bermuara pada peningkatan kesempatan kerja dan pembangunan ekonomi nasional.

Langkah ini diharapkan dapat mendatangkan para investor dan orang-orang yang memiliki talent, termasuk wisatawan mancanegara ke Indonesia mengingat pelayanan keimigrasian akan dirasakan lebih mudah dan sederhana. Harapan untuk tahun 2023, Sistem Informasi Keimigrasian semakin canggih dalam mendukung tugas pelayanan dan pengawasan keimigrasian. (*)

About admin adminku

Check Also

Hasil Pengembangan, Polres Lamtim Tangkap Pelaku Curanmor Di Jabung

(pelitaekspres.com) -LAMTIM- Team gabungan Tekab 308 presisi Polres Lampung Timur Polda Lampung, Polsek Jabung dan …

Tinggalkan Balasan