(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG- Dalam rangkaian Dies Natalis ke-74 Universitas Gadjah Mada (UGM), Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Fakultas Kehutanan (Kagamahut) Provinsi Lampung turut serta dalam penanaman pohon yang dilakukan oleh Kagamahut se-Indonesia di Taman Bhinneka Tunggal Ika, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Lampung, Minggu (10/12/2023).

Ketua Kagamahut Lampung, M.D. Wicaksono mengatakan, Program Kagama Menanam ini diinisiasi oleh Pengurus Pusat Kagama dan Pengurus Pusat Kagamahut. Selain merupakan rangkaian Dies Natalis ke-74 UGM, juga dalam memeraihkan Bulan Menanam Pohon Nasional yang diperingati setiap Desember. Taman Bhinneka Tunggal Ika seluas satu hektar di BPSDM Provinsi Lampung telah dilakukan penanam pohon oleh peserta pelatihan sejak tahun 2022 lalu.

“PP Kagama mengajak alumni kehutanan dalam gerakan menanam pohon. Kegiatan Kagama Menanam ini serentak di seluruh Indonesia. Di Lampung sendiri, kami juga mengajak teman-teman Pengda Lampung dan Pengcab Kagama Bandar Lampung, serta bekerja sama dengan UPT Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK) BPDAS Way Seputih Way Sekampung, Dinas Kehutanan Provinsi Lampung  dan BPSDM Provinsi Lampung dalam melakukan penanaman pohon di Taman Bhinneka Tunggal Ika BPSDM ini. Pohon yang ditanam hari ini diantaranya jenis kemang, trembesi, merbau, beringin, mahoni, yang akan melengkapi jenis tanaman yang telah ada, sehingga menjadi koleksi tanaman tidak saja Lampung namun Nusantara,” kata M.D. Wicaksono yang akrab disapa Soni.

Ketua Pokja Widyaiswara BPSDM Provinsi Lampung A. Chrisna Putra, “Mengapresiasi Kagama yang turut menghijaukan ruang terbuka hijau berupa Taman Bhinneka Tungga Ika ini. Langkah konkrit dalam menjaga lingkungan dan menjawab perubahan iklim saat ini yang kita rasakan bersama”. Koleksi tanaman ini semakin lengkap dengan penanaman pohon hari ini, semoga ini menjadi upaya bersama dalam meningkatkan indeks kualitas lingkungan hidup (IKLH) yang terdiri dari kualitas udara, kualitas air dan tutupan lahan. Hal ini sesuai juga dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2008 tentang Hari Menanam Pohon Indonesia dan Instruksi Gubernur Lampung Nomor 1 Tahun 2010 tentang Gerakan Lampung Menghijau,” ungkap Chrisna.

Semoga tanam pohon hari ini dapat tumbuh baik dan subur yang pada akhirnya mampu memberikan perbaikan lingkungan dan memberikan pembelajaran terbaik bagi kita semua dalam menjaga dan melestarikan sumber daya alam. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berkonstribusi dalam kegiatan ini, pungkas Soni.(Red)