(pelitaekspres.com) –YAPEN- Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan  ( Yankes )  Yowei.S.Kep.Ns. Mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen, Karlolis Tanawani, SKM, MPH  membuka  kegiatan  Surve Akreditasi Puskesmas yang di lakukan oleh Tim Surve  Lembaga Akgreditasi Fasyangkes seluruh Indonesia (Laskesi) di Puskesmas Yobi Distrik Yapen Utara, Selasa (21/5/2024).

Kegiatan ini di  buka langsung oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan  ( Yankes )  Yowei.S.Kep.Ns Kebupaten Kepulauan Yapen.  Dalam sambutannya  Atas nama Kepala Dinas Kesehatan Kabupten Kepulauan Yapen Tanawani  mengucapkan selamat datang  buat kedua Surveor dr. Febrian Remexio Suwu dan Ibu Renawaty Padatu.A. Farm, Apt di  Puskesmas Yobi.

Dalam upaya Peningkatan Mutu Layanan Puskesmas secara khusus di Dinas Kesehatan Kabupten Kepulauan Yapen sendiri ada 17 Puskesmas, dimana pada tahun 2023 ada 8 Puskesmas yang telah di Akreditasi dan pada tahun ini, ada 7 Puskesmas termasuk Puskesmas Yobi dan  kemudian Puskesmas Yawakukat. Maka tinggal dua puskesmas baru yang belum diakreditasi yaitu, Puskemas Miobi dan Yerui. ” Ucap Kadinkes Yapen.

Dikatakan  Kadinkes Kabupten  Kepulauan Yapen bahwa dasar Akgreditasi sebuah Puskesmas itu, mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatahat ( PMK ) No.46/2015 dan PMK No.34/2022 tentang Puskesmas, Klinik, Laboratorium Kesehatan, Unit Transfusi Darah, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Dokter. Selain itu juga Akreditasi Puskesmas merupakan salah satu syarat Kredensial BPJS Kesehatan. ” Kata Karolis Tanawani.

Tanawani  juga menyebut, jika tidak Terakreditasi pada tanggal 30 Mei  BPJS akan melakukan pemutusan kerja sama dengan Puskesmas tersebut.” Ujarnya.

Tujuan dari Akreditasi Puskesmas adalah untuk, pembinaan peningkatan mutu pelayanan Puskesmas. Dalam upaya Kesehatan Masyarakat dan upaya Kesehatan perorangan melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap syistem manejemen, pelayanan, Kesehatan, serta penerapan manejemen resiko. ” Ucap Kadinkes.

Kadinkes juga  berharap, Puskesmas Yobi akan di nilai 3 Hari mulai tanggal 21 – 23 Mei 2024. Maka kepala Puskemas dan Staf harus berperan aktif dalam memberikan akses kepada Surveyor untuk menelaah dokumen dan melakukan Observasi/potret  di lingkungan Puskesmas. Dengan satu harapan dapat menilai sekaligus memberikan bimbingan sehingga Puskesmas Yobi dapat terakreditasi dengan nilai yang baik.” Tutup Kadis Kesehatan diakhir sambutanya.

Turut  hadir dalam survei Akreditasi Puskesmas Yobi Kepala Bidang Sumberdaya Kesehatan (SDK)  Daud Kadiwaru,S.Kep dan para pendamping Akreditasi Puskemas, Kepala Seksi Promkes Dinkes Yapen Marthen Ambokari.SKM dan Kepala Seksi Fasyakes Dinas Kesehatan Kab.Kep Yapen Ibu Ade Saras Yawan.SKM dan tamu undangan lainnya.(GM)

Tinggalkan Balasan