(pelitaekspres.com) –JAKARTA- Nabila Firzariani, mahasiswi Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Unila menjalani Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka angkatan enam di Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI, Senayan, Jakarta pusat, sejak Febuari hingga Juni mendatang.

Mahasiswi yang akrab disapa Nabila ini ingin mengetahui bagaimana cara kerja di Setjen DPR RI sekaligus menambah wawasan mengenai sistem parlemen di Indonesia, proses legislasi, tata cara rapat, serta hal-hal terkait tugas dan fungsi DPR. Yang menarik dalam proses magang, yakni terdapat tes tentang peraturan-undangan.

Nabila selama menjalani magang melakukan beberapa tugas, yakni kuliah umum mengenai parlemen, audiensi bersama anggota DPR RI, mengikuti sidang paripurna dan kegiatan unit seperti rapat unit kerja, mengerjakan proyek navigasi 3D untuk lingkungan DPR RI, serta membuat machine learning untuk mendeteksi kendaraan masuk di lingkungan DPR RI.

Selama itu pula Nabila mengatasi berbagai kesulitan mulai dari menyelesaikan dengan baik tugas-tugas yang diberikan para mentor. Magang Kampus Merdeka sangat bermanfaat bagi mahasiswa khususnya dalam melatih diri untuk terbiasa di dunia kerja.

“Saya mendapatkan pengalaman yang berbeda dari saat di kampus. Selama magang juga saya sering bertemu dan bekerja sama dengan teman-teman dari kampus lain. Hal itu membuat ilmu dan hubungan aku bertambah, serta bisa saling bertukar pikiran. Bonusnya lagi, saya dapat bantuan hidup sehingga magang terasa ringan,” pungkas Nabila, ketika diwawancara, Senin, 13 Mei 2024.

Motivasi Nabila untuk terus berkarya dalam magang yakni bertemu teman-teman yang seru, serta mengerjakan proyek yang bermanfaat dan menambah ilmu. Mahasiswi penyuka warna putih tersebut juga berencana ingin mengimplementasikan ilmu yang didapat selama magang.

Menurutnya, magang di Setjen DPR RI sangat berkesan. Ia mungkin tidak akan mendapatkan kesempatan dan pengalaman tersebut jika hanya tetap berada di zona nyaman perkuliahan.

Mendapat teman-teman baru dari berbagai daerah merupakan salah satu keuntungan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Mahasiswa mempunyai banyak keistimewaan yang bisa diambil selama kuliah, salah satunya program magang, sehingga sangat memalukan jika kesempatan itu tidak diambil.

“Sebagai pelajar kita harus berani mencoba banyak hal baru dalam hidup di setiap hari. Perbanyaklah ilmu yang kita punya. Manfaatkan semua kesempatan dan jangan buang waktu kita untuk hal-hal yang kurang bermanfaat,” tandas mahasiswi kelahiran Pagar Alam tersebut.

Melalui magang Kampus Merdeka Nabila berharap, ia akan terus bertemu banyak hal baru sehingga memiliki cerita yang akan dikenang di masa tua. Magang Kampus Merdeka bukan sekedar magang, tapi jalan menuju warna-warni kehidupan sebenarnya.(Red)

 

Tinggalkan Balasan