Home / OTOMOTIF / TDM-MOTOR / Ini Lima Tips Merawat Motor di Musim Hujan

Ini Lima Tips Merawat Motor di Musim Hujan

(pelitaekspres.com) -LAMTENG- Saat musim hujan seperti yang melanda sebagian besar wilayah Indonesia pada akhir tahun ini, tentu pengendara sepeda motor wajib melakukan perawatan motor secara ekstra. Tidak hanya bagian luar motor saja yang harus dirawat, bahkan bagiam dalam motor pun harus dirawat dengan baik.

Beberapa tips merawat motor diantaranya:
1.Rutin panaskan mesin
Sudah menjadi hal wajib sebelum memulai perjalanan alangkah baiknya panaskan mesin terlebih dahulu. Hal itu berguna untuk membuat komponen internal mesin terlumasi secara merata dan memastikan bahwa motor dalam kondisi baik.

2.Periksa tekanan ban secara berkala
Ini perlu Anda terapkan jika Anda menggunakan motor setiap hari. Langkah baik ini dapat membantu bermanuver dari segala medan. Apabila kondisi tekanan ban tipis maka akan terjadi kempis sehingga dapat menyulitkan Anda dalam bermanuver.

3.Kebersihan
Motor dibilas setelah terkena hujan. Selain membuat kondisinya lebih bersih dan enak dipandang, tujuan lainnya agar terhindar dari gangguan pasir atau kotoran yang dapat merusak komponen pada sepeda motor.

4.Busi
Jika motor terpaksa melewati genangan yang cukup tinggi, sebaiknya pastikan mesin dalam keadaan mati. Tetapi jika terlanjur melewati genangan tersebut yang mengakibatkan motor mogok, maka bisa jadi terdapat masalah di sistem pengapiannya. Lakukan pengecekan busi, kepala busi, dan kap busi. Dan jika sudah terkena air disarankan untuk dilepas kepala businya lalu dibersihkan dan dikeringkan, lalu dipasang kembali.

5.Knalpot
Biasanya saat Anda mengendarai motor pada musim hujan maka kotoran air hujan akan menempel pada bagian dalam dan leher knalpot. Untuk itu, sebaiknya Anda bersihkan bagian satu ini agar sistem pembuangan pada motor Anda tetap berfungsi dengan baik. Anda bisa semprotkan oli ke dalam bagian knalpot dan olesi bagian leher knalpot dengan grease lalu panaskan kembali motor Anda dalam waktu kurang lebih 5 menit.(*)

 

 

About admin adminku

Check Also

Geber Di Akur Motor Pringsewu

(pelitaekspres.com) –PRINGSEWU- Pada Bulan November 2022 ini, Akur Motor Pringsewu masih menawarkan program-program yang menarik …

Tinggalkan Balasan