Home / PENDIDIKAN / Hadirkan Presenter dan Penyiar Terkenal di Lampung, IIB Darmajaya Gelar Training Public Speaking

Hadirkan Presenter dan Penyiar Terkenal di Lampung, IIB Darmajaya Gelar Training Public Speaking

(pelitaekspres.com) -BANDARLAMPUNG — Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya melalui Career Center Darmajaya menggelar Training Public Speaking bertempat di Aula Rektorat Lantai III Gedung Alfian Husin, Rabu (7/12/22).

Adapun sebagai narasumber Novi Balga selaku presenter dan host terkenal di Lampung. Pelatihan diikuti mahasiswa perwakilan dari masing organisasi kemahasiswaan di IIB Darmajaya.

Dalam sambutannya, Rektor IIB Darmajaya, Dr. Ir. H. Firmansyah YA, M.B.A., M.Sc., mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting. Berbicara dihadapan publik tidak semua orang dapat melakukannya dengan baik. “Kita semua berani berbicara di media sosial tetapi bagaimana dapat berani berbicara langsung dihadapan orang dan banyak orang,” ungkapnya.

Dengan hadirnya pembicara ataupun narasumber yang kompeten, lanjut dia, adik-adik mahasiswa dapat mengetahui langsung cara berbicara ataupun public speaking yang baik.

“Saya berharap bahwa adik-adik semua bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini dengan baik. Dan ada sesinya untuk praktik karena tidak mudah berbicara dihadapan banyak orang. Maka basicnya adalah paham dulu apa yang kita sampaikan,” ujarnya.

Selain memahani apa yang akan disampaikan, kata Rektor, speaker juga harus memahami dengan hati. “Tidak dengan otak saja tetapi juga dengan hati. Maka kunci yang disampaikan agar paham dan muncul percaya diri,” imbuhnya.

Novi Balga menceritakan awal mula berkarir di presenter. Menurut dia, bekerja tidak harus sesuai dengan disiplin ilmunya. “Saya lulusan dari Ekonomi dan bergabung dalam UKM Bidang Seni dapat merasakan dunia broadcast dan memandu berbagai acara,” ungkapnya.

Menurut dia, ketika memilih pekerjaan yang akan dijalani harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. “Public speaking secara umum memiliki arti seni berkomunikasi yang dilakukan secara lisan, untuk menyampaikan ide, gagasan, pesan dan pendapat yang bertujuan menginformasikan, menghibur, atau mempengaruhi dan dilakukan didepan audiens dengan metode dan struktur tertentu,” kata dia.

Novi Balga juga menjelaskan beberapa unsur dalam publik speaking yang harus dapat dikuasai yaitu selain materi juga teknik vokal, kontak mata, humor, dan gerakan tubuh. “Vokal adalah unsur pertama kita berbicara atau berkomunikasi tidak hanya didepan umum. Satu hal yang penting dalam publik speaking adalah vokal,” ujarnya.

Dalam berbicara, lanjut dia, upayakan agar dapat melihat lawan bicara untuk menghormatinya. “Dalam menyampaikan materi juga dapat disertai humor sehingga audience akan fokus mendengarkan dan memperhatikan dari materi yang disampaikan,” tuturnya.

Novi Balga berpesan untuk selalu bertutur kata sopan dan santun. “Dalam hidup kita itu setiap hari adalah pengalaman dan pembelajaran. Dunia kerja dan dunia kuliah itu sangat berbeda. Kita harus dapat menyesuaikan diri. Tetap jadi diri sendiri dan menjadi orang yang lebih baik,” pungkasnya. (**)

About admin adminku

Check Also

Kodim Bojonegoro Goes To School, Cegah Pergaulan Bebas Hingga Pernikahan Dini

(pelitaekspres.com) – BOJONEGORO – Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, kembali melaksanakan pembinaan …

Tinggalkan Balasan