(pelitaekspres.com) –WAY SULAN- Mewakili Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Kabid PMD Gusfat Riansyah, SE membuka secara resmi Evaluasi dan Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2024 di Desa Talang Way Sulan Kecamatan Way Sulan, (Selasa (27/02/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Lampung Selatan diwakili oleh Kabid PMD Gusfat Riansyah. SE, Camat Way Sulan yang diwakili oleh Sekertaris Camat Subadi. SPd, Kapolsek Katibung yang diwakili oleh Aiptu Made. S, Danramil Katibung, Kepala desa se-Kecamatan Way Sulan, KUPT se-Kecamatan Way Sulan, TP PKK Kecamatan Way Sulan, TP PKK Desa se-Kecamatan Way Sulan, Jajaran Lembaga desa Talang Way Sulan, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat.

Kepala desa Talang Way Sulan Dawud dalam sambutannya mengatakan hari ini kita tidak hanya berkumpul sebagai warga desa Talang Way Sulan, tetapi juga sebagai perwakilan yang membanggakan dari kecamatan Way Sulan. Lomba Desa ini bukan hanya sekedar perlombaan melainkan momentum untuk memperlihatkan potensi serta keunggulan yang dimiliki oleh desa Talang Way Sulan.

Adapun sejarah desa Talang Way Sulan dari Tahun 1964-1971 desa Talang Way Sulan masih berstatus Pedukuhan, dibawah kepemimpinan Kepala Suku Suparno yang mengikut ke desa Neglasari Negeri Kalianda kecamatan Kalianda kabupaten Lampung Selatan. Kemudian pada Tahun 1971 dimekarkan dan di sahkan menjadi status desa Definitif dengan SK Bupati Lampung Selatan Nomor 50/D/1971 Tanggal 2 Juni 1971.

Desa Talang Way Sulan sampai saat ini sudah di pimpin oleh Tuju (7) Kepala desa Definitif dan Dua pejabat Kepala desa, termasuk saya, ucap Dawud.

Desa Talang Way Sulan terdiri dari Empat Dusun dan 10 Rt (Tukun tetangga), Dusun 1 yaitu Trisno Basuki terdiri dari 3 Rt, Dusun 2 yaitu Way Sulan terdiri dari 2 Rt, Dusun 3 yaitu Trisno Basuki Barat terdiri dari 3 Rt dan Dusun 4 yaitu Banyu Sirih terdiri dari 2 Rt. Adapun batas wilayah desa Talang Way Sulan, sebelah Utara berbatasan dengan desa Mekar Sari kecamatan Way Sulan, sebelah Selatan berbatasan dengan desa Tanjung Ratu kecamatan Katibung, sebelah Timur berbatasan dengan desa Karang Pucung kecamatan Way Sulan dan sebelah Barat berbatasan dengan desa Sumber Agung kecamatan Way Sulan.

Berdasarkan data desa bulan Januari 2024 luas wilayah desa Talang Way Sulan berdasarkan peraturan Bupati Lampung Selatan Nomor 110 Tahun 2019 seluas 4347KM Persegi dan terdiri dari 125 Hektare permukiman penduduk, 171 Hektare areal persawahan dan 97,35 Hektare areal perkebunan. Adapun jumlah penduduk desa Talang Way Sulan berjumlah 2.689 Jiwa dengan jumlah KK (Kepala Keluarga) sebanyak 793 KK, yang terdiri dari 1.378 Jiwa Laki-Laki dan 1.308 Jiwa Perempuan.

Perekonomian oenduduk desa Talang Way Sulan ditopang oleh beberapa sektor unggulan desa antara lain, Pertanian dengan produk unggulan  Padi, dan sebagian ada yang menanam Melon serta Cabai Merah Keriting, dan ada juga Perkebunan dengan produk unggulan perkebunan Sawit. Serta UMKM dengan produk unggulan Keripik Aneka Ragam dan juga Aneka Rasa dan juga ada UMKM Tahu dan Tempe, desa Talang Way Sulan mempunyai UMKM berjumlah 65 UMKM. Ada juga IKM dengan produk unggulan Batu Bata, Genteng dan Penggilingan Padi.

Jumlah penduduk desa Talang Way Sulan yang berusia produktif pada bulan Januari 2024 sebanyak 1.878 jiwa, dengan presentase kelulusan SMA dan S1 yaitu sebanyak 8,57%, artinya penduduk warga desa Talang Way Sulan siap bersaing untuk SDM nya.

Desa Talang Way Sulan 100% penduduknya Muslim semua dan memiliki 14 Lembaga pendidikan yang formal, 2  lembaga pendidikan tingkat PAUD, 2 lembaga pendidikan tingkat TK/RA, 1 SD Negeri dan 2 SD Swasta, dan tingkat SMA,1 SMA Swasta Darul Ulum san 1 SMK Muhamadiyah (SMK unggulan) ada di desa Talang Way Sulan, kita juga punya 1 lembaga PKBM aktif, 2 Pondok Pesantren, dibidang keagamaan kita mempunyai 3 Masjid, 13 Mushalla dan 18 TPA dan 1 Lembaga Pembinaan Tilawatul Qur’an (LPTQ).

Kegiatan yang telah dilaksanakan desa Talang Way Sulan dalam rangka mendukung dan mensukseskan program Pemerintahan kabupaten Lampung Selatan yaitu programnya Bupati H. Nanang Ermanto yaitu dengan melaksanakan Swa Sembada Gizi. Tahun 2022 Balita yang beresiko Stanting di desa Talang Way Sulan ada 5 Anak,  karena kita berikan IMT yang rutin, kita berikan kepada Balita dan Anak Anak, sekarang sisa 1 Anak yang beresiko Stanting.

Kegiatan selanjutnya yaitu Posyandu, kita mempunyai Posyandu Bumil (Ibu Hamil) dan Balita, ada 2 Pos, dalam Satu bulan 2 Pos ini bisa melayani pemeriksaan Posyandu 2 kali dalam Satu bulannya.

Kita juga ada program pemanfaatan lahan pekarangan ataupun Toga, yaitu Pemdes Talang Way Sulan secara masif melakukan sisialisasi dan bimbingan kepada masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanam sayur mayur dan tanaman obat. Kita juga anggarkan di APBdes untuk obat tambahan buat Ibu Hamil dan Balita, dan setiap Tahun sudah kita anggarkan.

Program Swa Sembada Sekolah, kita juga sudah melakukan kerja sama dan MOU dengan Lembaga PKBM untuk mengurangi dan mengentaskan buta aksara. Kita juga melaksanakan program Swa Sembada Rumahku,  dan di Tahun 2023 kita sudah membangun 1 Rumah menggunakan Dana Desa (DD), di Tahun 2022 kita bangun 2 Rumah menggunakan dana APBD.

Kita juga melakukan Swa Sembada Karbon dwngan membagikan bibit Alpukat kepada seluruh Kepala Keluarga di desa Talang Way Sulan dengan tujuan meningkatkan perekonomian desa. Kita juga sudah menanam 100 pohon Ketapang Kencana disekitar Lapangan desa Talang Way Sulan. Tahun 2023 Pemdes Talang Way Sulan bekerja sama dengan Bank BRI dengan menanam bibit Alpukat sebanyak 100 Pohon.

Kegiatan kegiatan keaeifan lokal desa Talang Way Sulan juga berjalan,  yaitu yang bersumber dari PAD ataupun CSR  Bumdes ada Tanah Kas desa dan Swasaya Masyarakat. Kegiatan yang kita lakukan adalah Santunan Anak Yatim dan Piatu sebanyak 3 kali dalam 1 Tahun, Santunan Jompo, Kaum Duafa dan Anak Terlantar kita lakukan 1 kali dalam 1 Tahun,  ada Bakti Kaum yang lakukan di desa Talang Way Sulan 1 kali 1 Tahun, serta ada Santunan Kematian bagi Ahli Musibah atau setiap kali ada yang meninggal akan kita beri Santunan.

Ada juga program Inofasi dan Unggulan desa Talang Way Sulan yaitu pemgembangan pelayanan masyarakat melalui program Smart Pilip yaitu program Nasional yaitu programnya Presiden Joko Widodo. Desa Talang Way Sulan juga melakukan MOU dengan pihak DisDukCapil yaitu pelayanan PakKades, disitu kita melayani pembuatan Kartu Keluarga, Akte Kelahiran serta Akte Kematian secara gratis. Kita juga dengan Mandiri juga bisa menyediakan Mobil Pelayanan Masyarakat atau Ambulan Desa, bukan dari dana APBD.

Pemdes Talang Way Sulan juga sudah melakukan MOU dengan Samsat atau dengan POLRI yaitu yang bernama E SAMDES ( Elektronik Samsat Desa), hanya ada satu satunya di kecamatan Way Sulan yaitu desa Talang Way Sulan.

Saya ucapkan terimakasih kepada Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten  Tahun 2024 yang sudah hadir di desa Talang Way Sulan dan akan memberikan Evaluasi kepada kami, tutup Dawud.

Sekertaris Camat Subadi, SPd dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf atas tidak hadirnya Camat Way Sulan Munir. SE, karena sedang menjalankan ibadah Umroh, dan meminta kepada seluruh yang hadir agar mendoakan beliau dalam menjalankan ibadah Umroh diberikan kwmudahan dan kelancaran.

Saya tidak bisa berbicara banyak, karena saya rasa sambutan dan laporan dari Kepala desa Talang Way Sulan Dawud, sudah sangat lengkap, menampilkan dan memaparkan potensi yang ada di kecamatan Way Sulan.

Jadi gambaran gambaran itu nanti bisadi cek di Lapangan oleh Tim Penilai, apa yang disampaikan oleh Kepala desa tadi menggambarkan keadaan kita yang saat ini kita munculkan secara bersama sama kita visualisasi dalam kelompok kelompok kegiatan.

Oleh karena itu saya sangat berharap bahwa kwsempatan ini menjadi pembelajaran buat kami khususnya desa Talang Way Sulan, agar apa yang sudah kita lakukan ini bisa menjadi sebuah pembelajaran sehingga bisa menjadi lebih baik. Tanpa ada Tim yang mengevaluasi tanpa ada Tim yang menilai, barang kali kita merasa ini sudah menjadi sesuatu yang luar biasa, tetapi ketika sudah dievaluasi, sudah di nilai kita baru tahu ternyata masih banyak yang harus kita perbaiki.

Oleh karena itu momentum penilaian lomba desa, akan menjadi sesuatu yang sangat penting, oleh karena itu Pemerintahan Kabupaten melaksanakan evaluasi penilaian perkembangan desa dan kelurahan diseluruh kabupatenLampung Selatan adalah dalam rangka memotivasi dan memperbaiki.

Berdasarkan Permendagri Nomor 81 Tahun 2015, evaluasi ini bisa dilakukan secara mandiri, bagaimana evaluasi tentang pelaksanaan pemerintahan desa itu dilakukan oleh Kepala desa selaku pemimpin, tetapi ini tentu sangat bernilai subjektif, tetapi ketika kita menghadirkan evaluasi Tim penilai melihat perkembangan jalannya pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintah dari luar desa, yaitu dari unsur Pemerintah Daerah ataupun Provinsi atau Pusat ini akan lebih objektif, akan lebih nampak dari sudut apa Tim penilai menilai kita.

Saya mengajak kepada Tujuh Kepala desa yang lain di kecamatan Way Sulan agar kedepan lomba desa ini bukan sekedar momentum untuk tampil tampil saja, tapi ada follow up ada tindak lanjut bagaimana desa yang sudah mengikuti lomba desa ada upaya untuk memperbaiki apa yang menjadi masukan, apa yang menjadi catatan Tim penilai itu kemudian kita lanjutkan dalam bentuk penyelenggaraan pemerintah secara berkelanjutan, ini harapan saya.

“Terima kasih kepada Ketua Tim Penilai dan Rombongan, inilah adanya kami kecamatan Way Sulan. Tadi saya sempat berbisik, Pak Way Sulan ini bagus pak, tapi Jalannya luar biasa. Nah ini nanti Bapak Ketua Tim Penilai dan Rombongan tolong sampaikan salam dari kami masyarakat Way Sulan, kadang kita merasa malu kalau ngundang dari luar pak, nanya Jalan yang dekat dimana, yang paling mudah dimana. Kalau dekat nya dekat kalau mudahnya mudah pak, tapi kalau medannya yang luar biasa terlalu jauh dan melelahkan. Oleh karena itu Bapak Ibu terimakasih walau dengan keadaan Jalan yang parah seperti ini Bapak Ibu Tim Penilai sampai juga di desa kami desa Talang Way Sulan kecamatan Way Sulan”, tutupnya.

Mewakili Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Gusfat Riansyah, SE meminta maaf atas ketidak hadiran Bupati dan Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan Bunda Winarni Nanang Ermanto, dikarenakan ada kegiatan dan agenda secara bersamaan.

Saya berikan apresiasi kepada Pemerintahan desa Talang Way Sulan yang telah mensiapkan desanya untuk maju dalam pelaksanaan Lomba Desa Tingkat Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2024 hari ini.

Saya berharap momentum kegiatan Lomba Desa ini bisa menjadi acuan dan semangat untuk memajukan desa sehingga desa Talang Way Sulan semakin maju dan menjadi contoh bagi desa lainnya yang ada di kecamatan Candipuro.

Untuk itu kiranya bagi pemerintah desa dituntut untuk bekerja bersama bergerak bergotong royong untuk memajukan kabupaten dari tingkat desa. Apabila potensi di desa meningkat, maka desanya akan maju begitu juga dengan kecamatan dan kabupaten pasti ikut maju.

Pelaksanaan lomba desa ini merupakan bagian dari evaluasi perkembangan desa, sekaligus mendorong dan memotivasi desa untuk berlomba serta bersaing secara sportif dan positive dalam peningkatan kualitas, pelalsanaan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat desa.

Ada Dua indikator yang harus dierhatikan untuk mencapai tujuan pembangunan desa yaitu Data indek desa membangun di daerah dan Data profil desa. Keduanya menjadi tolak ukur bagi pemerintah desa untuk bekerja maksimal dalam mencapai status kemandiran desa.

Dengan adanya lomba desa seperti ini akan ada penilaian prestasi dan pembangunan, untuk itu saya mengajak masyarakat desa Talang Way Sulan untuk menjadikan lomba desa sebagai salah satu program pemerintahan dalam upaya meningkatkan peranan masyarakat serta dalam pembangunan guna mengembangkan sumberdaya alam beserta lingkangan.

Mudah mudahan dengan adanya lomba desa ini akan terbangun kebersamaan masyarakat dan pemerintah desa untuk mengembangkan potensi desa sesuai yang di miliki dan diharapkan melalui lomba desa ini juga para pemerintah desa dapat meng-alokasikan APBdes untuk mengembangkan potensi yang dimiliki desanya.

Perlu di ingat bahwa juara bukanlah salah satunya tujuan dalam perlombaan desa, akan tetapi yang terpenting adalah bagaimana program pemerintah desa dan masyarakat dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas, dan nantinya hadil daripada lomba desa ini menjadi dasar untuk memformulasikan berbagai macam program pembangunan untuk dimasa yang akan datang.

Pada kesempatan yang baik ini saya ingin  mengucapkan terimakasih kepada masyarakat kabupaten Lampung Selatan khususnya kecamatan Way Sulan yang telah bepartisipasi dalam pelaksanaan PEMILU serentak Pilpres dan Pileg pada 14 Februari yang lalu, kita patut bersyukur sampai saat ini pasca Pemilu situasi dan kondisi Negara Indonesia dan khususnya daerah kita kabupaten Lampung Selatan sangat kondusif. Ini harapan dan doa kita bersama untuk Pemilu yang damai tertib dan aman serta apapun hasil dari Pemilu ini bisa membawa kebaikan dan kemajuan bagi bangsa dan negara kita tercinta.

Dengan mengucap bismilah kegiatan lomba desa tingkat kabupaten Lampung Selatan Tahun 2024 di desa Talang Way Sulan saya nyatakan resmi dibuka, tutupnya.(Cak/Pen)