(pelitaekspres.com) -BUNTOK- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten barito selatan (Barsel), Kalimantan Tengah, H. M. Farid Yusran meminta kepada seluruh aparat desa di wilayah Kabupaten setempat untuk bisa lebih memaksimalkan pengelolaan keuangan seperti Alokasi Dana Desa dan Dana Desa (ADD dan DD) guna memajukan desa masing-masing.

“Sebab, dengan pengelolaan yang maksimal dan penggunaan yang tepat dapat membantu kelancaran dan kesuksesan pembanguban di desa masing-masing,” ucapnya di Buntok, Senin (4/3/2024).

Ia mengatakan, desa memiliki peran sentral dalam mendukung suksesnya pembangunan daerah yang diprogramkan oleh pemerintah daerah setempat, misalnya seperti pengentasan kemiskinan extrem dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, walaupun dalam kenyataannya banyak pengelolaan keuangan desa belum memiliki manajemen yang baik.

Maka dari itu, lanjutnya, seringkali terjadi kesimpangsiuran data, dan inilah yang mendasari semuanya, untuk itu perlu adanya pelatihan pengelolaan keuangan desa bagi aparat desa setiap tahunnya.

“Karena ADD dan DD merupakan dana finansial untuk mendukung pembangunan di suatu desa dan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, yang pastinya ADD dan DD bukanlah milik pribadi atau Kepala Desa maupun aparat desa, sehingga dananya harus dikelola dan pergunakan sesuai dengan peruntukannya yang telah ditetapkan berdasarkan undang-undang,” kata H. M. Farid Yusran. (Rin).

 

Tinggalkan Balasan