(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meresmikan Masjid Ar-Rahman dan Ruang Praktik Siswa (RPS) Kuliner, SMK Negeri 4 Bandar Lampung, Kamis (15/2/2024).

Arinal mengatakan bangunan Masjid dan RPS ini sebagai bentuk untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) atau siswa/i yang tidak hanya terampil, siap kerja dan berdaya saing namun tetap menjunjung nilai-nilai agama.

Menurutnya, Iman dan Taqwa (Imtaq) dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dalam pendidikan harus berjalan beriringan bersama.

“Mencetak siswa tidak hanya agar pandai, namun beretika dan menjadi pribadi yang baik melalui ilmu agama. Untuk itu mari SMK Lampung makin berjaya, bersinar terang dimasa depan,” ujar Arinal.

Arinal menjelaskan program keahlian di SMK harus disesuaikan dengan kebutuhan industri yang kurikulumnya disusun berbasis kompetensi mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang industri, standar nasional atau standar khusus.

“Dan disini peran para guru harus mampu mengarahkan terhadap minat dan bakat para siswa,” katanya.

Ia menyebut Pemerintah Provinsi Lampung sangat memberikan perhatian kepada SMK. Tidak hanya pengembangan sarana dan prasarana, tetapi melahirkan SDM yang unggul dan berdaya saing tinggi, melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) SMK.

Dalam kesempatan ini, Arinal menyerahkan 16 SK BLUD SMK Provinsi Lampung salah satunya kepada SMK Negeri 4 Bandar Lampung.

“Melalui BLUD SMK, saya harapkan mampu mengimplementasikan keselarasan model pembelajaran berbasis produk (barang/jasa), melalui sinergi sekolah dengan industri untuk menghasilkan lulusan yang kompeten,” ujarnya.

Saat kunjungan tersebut, Arinal memberikan piagam penghargaan kepada guru, tenaga kependidikan, dan pengawas berprestasi tahun 2023.

Mereka telah mengharumkan nama Provinsi Lampung dalam ajang lomba prestasi, baik di tingkat Provinsi maupun Nasional.

“Peran guru luar biasa, anak-anak menjadi pintar dan pandai karena guru. Para guru jasanya luar biasa demi masa depan anak bangsa, kebaikanmu akan dicatat oleh Allah SWT,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar mengatakan pembangunan Masjid ini untuk menciptakan suasana sekolah yang agamais dan dalam rangka membentuk karakter anak bangsa yang sejalan dengan misi Gubernur Lampung.

Selanjutnya, pembangunan RPS kuliner yang dibiayai oleh APBD Provinsi Lampung tahun 2023 ini sebagai bentuk kepedulian Gubernur terhadap dunia pendidikan di Provinsi Lampung.

“Bapak sangat peduli terhadap dunia pendidikan di Provinsi Lampung. Sejak tahun 2019, kita lari kencang untuk membangun dunia pendidikan sebagaimana yang diinginkan oleh Bapak Gubernur,” ujar Sulpakar.

Sulpakar menuturkan prestasi pun telah banyak ditorehkan oleh para guru di Provinsi Lampung, bahkan ada guru yang menjadi narasumber tingkat nasional.

“Prestasi ini semua tidak terlepas dari tangan dingin Pak Gubernur untuk menciptakan semua ini, membuat kami kerja keras atas arahan Pak Gubernur sehingga kami bersemangat,” katanya.

Dalam kunjungannya, Gubernur berkesempatan mengunjung Hotel Great Cokro milik SMK Negeri 4 Bandar Lampung. Hotel ini memiliki 16 kamar setara bintang 3.

Hadir pada acara itu, Kepala SMK Negeri 4 Bandar Lampung Dewi Ningsih, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Provinsi Lampung, Pejabat Administrator Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung serta Kepala SMK Kabupaten/Kota.(Red)

Tinggalkan Balasan