Home / Komando / Gotong Royong Wujud Pengamalan Pancasila

Gotong Royong Wujud Pengamalan Pancasila

(pelitaekspress.com) – TULUNGAGUNG – Pancasila merupakan dasar negara kita yang memiliki nilai-nilai luhur karena dalam setiap sila memiliki karakteristik yang dimiliki bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dalam sila satu sampai sila ke lima memiliki kaitan yang erat.

Gotong royong dan memiliki sikap persatuan salah satu sebagian contoh kehidupan yang memiliki nilai-nilai luhur dari sila ke tiga Pancasila yang akan membawa arah persatuan. Karena Gotong royong inilah yang merupakan tali pemerkuat bangsa Indonesia.

Dalam pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa yang merupakan salah satu program dari TNI ini termasuk dalam pelaksanaan nilai-nilai Pancasila karena dalam TMMD ini diperlukan sikap gotong royong bahu membahu dan memiliki rasa keadilan sosial kepada warga khusunya dalam segi pembangunan yang merata di segala bidang.

Seperti halnya yang dikatakan Dandim 0807/Tulungagung, Letkol Inf. Wildan Bahtiar, Rabu (24/6/20), “Kegotong royongan ini merupakan salah satu wujud dari pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa dimana antara TNI dengan warga saling bahu membahu dan bergotong royong dalam pengerjaan. Inilah yang menjadikan bangsa lain iri dengan apa yang ada pada jiwa rakyat Indonesia.”

Dandim menambahkan, kegotong royongan dan sikap adil dalam segala hal inilah yang menjadi budaya bagi bangsa Indonesia.Oleh sebab itu, dirinya berharap kepada TNI dan warga Tulungagung pada khususnya agar selalu tetap dan terus bersinergi dan manunggal bersama-sama agar negara Indonesia menjadi kuat.(*)

About pelitaekspres

Check Also

Polda Sumsel Bakal Hadirkan Aplikasi Smart City, Cak Pakam Dan Si Manis Untuk Menunjang Aktivitas Anggota Ditlantas

(pelitaekspres.com) -PALEMBANG – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) bakal meluncurkan tiga aplikasi baru dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.