Home / Pemprov / Gelar Workshop Koreografi, Kadikbud Berharap Kedepannya Penari Maluku Utara Dapat Bersaing di Kancah Nasional

Gelar Workshop Koreografi, Kadikbud Berharap Kedepannya Penari Maluku Utara Dapat Bersaing di Kancah Nasional

(pelitaekspres.com) -SOFIFI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku Utara (Malut) menggelar kegiatan Peningkatan Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Kesenian Tradisional yang dibingkai dalam bentuk Workshop Koreografi selama 3 hari, bertempat di Gedung Pertemuan Penginapan Yusmar, Sofifi, Senin (8/8/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Kabid Kebudayaan Dikbud Malut, Darwin Abdurrahman yang mewakili Kadikbud Imam Makhdy Hassan untuk memberikan sambutan, menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya Workshop Koreografi, tidak lain hanya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelatih-pelatih tari yang ada di Maluku Utara.

“Oleh karena itu, kenapa saya harus memperbaiki seni pertunjukan ini, yang dimulai dari pelatih tari. Itu harus kita perbaiki dulu, kita tingkatkan kualitasnya dan kita tingkatkan kebersamaannya, agar supaya seni pertunjukan yang dilakukan Insya Allah dapat berkualitas dengan baik,” tuturnya.

Darwin mengakui, seni koreografi tari di Maluku Utara memang masih sangat minim, sehingga dengan terselenggaranya Workshop Koreografi ini, dapat meningkatkan potensi dan bakat pelatih tari itu sendiri. Sebab, yang diharapkan kedepannya, penari-penari yang terdiri dari putra dan putri Maluku Utara dapat bersaing dengan penari-penari dari daerah lain di Indonesia.

“Itulah sebabnya, kenapa saya mencoba memasukkan program ini di tahun 2022, karena untuk kita memulai dengan bagaimana kita melakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan yang dibingkai dalam kegiatan Workshop Koreografi, agar supaya teman-teman pelatih tari ini mendapat curahan ilmu. Sebab, ruang inilah yang kita manfaatkan sebaik mungkin, sehingga suatu saat, kualitas seni tari Maluku Utara itu bisa bersaing di kancah-kancah nasional,” pungkasnya.

Sebelumnya, ketua panitia Workshop Koreografi, Maruf Badar, dalam laporannya mengatakan, kegiatan Workshop Koreografi ini dilaksanakan selama 3 hari, yang dihadiri sekitar 30 peserta yang berasal dari 10 Kabupaten Kota.

“Narasumber yang kita datangkan dari Jakarta 1 orang dan narasumber lokal juga 1 orang. Untuk kegiatan yang kita selenggarakan ini selama 3 hari, yaitu mulai dari tanggal 8 sampai 10 Agustus 2022,” jelasnya. (is).

DIBACA 65 kali

About admin adminku

Check Also

Provinsi Lampung Terima Penghargaan BKN Award  Juara 1 Kategori Penerapan Pemanfaatan Data Sistem Informasi dan CAT

(pelitaekspres.com) –BANDAR LAMPUNG– Provinsi Lampung kembali memperorehkan prestasi gemilang, kali ini  mendapatkan penghargaan BKN Award …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.