(pelitaekspres.com) –YAPEN- Ketua KPUD Kabupaten Kepulauan Yapen Zakeus Rumpedai menutup dengan resmi  bimbingan teknis pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi suara dan penggunaan aplikasi sirekap pada pemilihan umum tahun 2024 bagi kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS)  distrik Yapen Selatan di Hotel Mauren, Senin (29/01/2024).

Dalam sambutan penutupannya di katakan  bimbingan teknis yang di lakukan hari ini sangat penting, karena KPPS adalah garda terdepan dalam pelaksanaan penyelenggaraan  Pemilu di tahun 2024 yang paling tingkat bawa namun sebagai unjuk tombak.

Ketua KPUD juga mengatakan secara Nasional Kabupten Kepulauan Yapen masuk dalam wilayah rawan pelanggaran Pemilu dan di provinsi Papua kita merah. Untuk itu, kita berangkat dari pemilu sebelumnya dan hari ini di tahun 2024, hal ini  menjadi Cacatan  bahwa Yapen menjadi  konsentrasi penuh, sehingga berbagai upaya untuk menghasilkan pemilu di Yapen yang berkualitas di lakukan secara jurdil. ” Ucapnya.

Kami melakukan bimbingan teknis kepada KPPS di wilayah distrik Yapen Selatan kepada  721 anggota KPPS  sehingga kami  membagi menjadi 3 kelas  di  tempat yang berbeda yaitu, Hotel Mauren, Silas Papare dan Pandopo Panjawi.

Ketua KPUD juga berharap materi yang sudah di sajikan oleh anggota Komisioner KPUD dan Kasubag teknis yang menjadi narasumber  pada bimbingan teknis ini, kiranya dapat di pahami dengan baik  para anggota  KPPS sehingga  dapat  menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam menghadapi pemilu 2024 ini dengan baik.

Tentu kita membutuhkan kerjasama yang baik mulai dari tingkat KPUD,  PPD, PPS dan KPPS, untuk mengawal aspirasi masyarakat yang dengan murni menggunakan hak pilih pada tanggal 14 Februari tahun 2024 nantinya. ” Ujar Rumpedai ”

“Kami ingatkan semua anggota KPPS dengan peta Yapen yang penuh dengan rawan pemilu, mulai malam ini setelah kembali mulai berpikir bahwa kita adalah penyelenggara pemilu, ingat bahwa bukan lagi sebagai tim sukses si, A si,  B dan si, C.” Tegasnya Mantan Ketua PPD Yapsel ini.

Karena sudah mengikuti pelantikan dan mengucapkan sumpah bahwa berkomitmen bersama – sama dengan kami Komisioner KPUD mensukseskan pemilu yang berkualitas jurdil dan bertanggung jawabkan hasilnya dari tingkat TPS sampai pada penetapan tingkat Kabupten dan hal ini yang kami harapkan. ” Harap Ketua KPUD “.

Oleh karena itu, kami berharap pelanggaran – pelanggaran dan sikap kecurangan pemilu kita yang sebelumnya tidak boleh terjadi lagi, inilah komitmen kami dan kita semua, di tempati ini kami ingatkan lagi bahwa 721 anggota KPPS di Yapen Selatan harus memiliki jiwa dan komitmen serta tujuan yang sama bersama kami untuk sukseskan pemilu di tahun 2024 ini tanpa harus melakukan kecurangan atau pelanggaran pemilu di kemudian hari. ” Ucapnya ”

Kita tujukan kepada Kabupten lain di tanah Papua bahkan Indonesia secara umum bahwa kita di Kabupten Kepulauan Yapen memiliki tanggung jawab yang sama untuk mensukseskan pemilu dengan baik  dan jurdil tanpa harus mencederai asas pemilu itu sendiri.   Kita akan berikan kualitas pemilu yang baik buat negeri yang kita cintai ini, juga baik buat Papua dan Indonesia secara umum, Pinta Ketua KPUD Yapen.

” Saya ingatkan kepada kita semua, saat ini kita bagaikan ikan hias dalam akuarium yang di pandang semua orang, artinya bahwa kita semua penyelenggara pemilu saat ini gerak kita kemana pun sedang di pantau “.

Silakan berkomunikasi kepada siapa saja sebagai saudara Kaka beradik, tapi kami pesan jaga integritas, sebagai penyelenggara pemilu untuk mensukseskan pesta demokrasi yaitu,  pemilihan umum pada tanggal 14 Februari tahun 2024 ” tegas Ketua KPUD kepada anggota KPPS,  PPS dan PPD yang hadir pada malam penutupan Bimtek tersebut ”

Peserta yang mengikuti bimbingan teknis di Hotel Mauren yaitu 3 TPS dari Imandoa dengan jumlah anggota KPPS 21 orang, Serui Kota dengan jumlah TPS 33 dengan jumlah anggota KPPS sebanyak 231 orang. Total keseluruhan anggota KPPS 252 orang, sedangkan anggota PPS 3 orang dan Staf sekretariat PPS 3 orang dari PPS Imandoa dan Serui Kota. Total 6 orang.

Turut hadir anggota KPUD dan Kasubag dan staf, PPD Yapsel dan PPS Imandoa dan Serui Kota serta staf, (GM).

Tinggalkan Balasan