(pelitaekspres.com) -YAPEN- Panitia Pemilihan Distrik (PPD ) di 17 Distrik Kabupten Kepulauan Yapen yang baru di lantik pada 16 Mei 2024, langsung dilakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang di selenggarakan untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, yang berlangsung di Hotel Mauren, (17/05/2024).

Ketua KPU Kabupten Kepulauan Yapen, Zakeus Rumpedai dalam keterangannya mengatakan tujuan dilaksakannya bimbingan teknis bagi Panitia Pemilihan Distrik (PPD) yang tersebar di 17 Distrik Se – Kabupten Kepulauan Yapen ini agar dapat memiliki pengetahuan yang cukup tentang pemilihan Kepala Daerah Gubernur/Wakil Gubernur/Bupati/Wakil Bupati serentak pada tanggal 27 November Tahun 2024 nantinya.

“Kami lakukan bimbingan teknis ini agar dapat memboboti anggota – anggota PPD yang sudah dilantik pada tanggal 16 Mei Tahun 2024 di pantai Wisata Kampung Sarwandori 2 (dua), sangat penting di lakukan agar seluruh anggota PPD di 17 Distrik dapat mememiliki pengetahuan yang cukup./”.

Dijelaskan Rumpedai bahwa tata kerja tentang Pilkada yang berkaitan dengan peraturan – peraturan KPU maupun Undang – undang tentang Pemilu itu sendiri. Sehingga para anggota PPD bisa dapat melaksanakan tugas kepemiluan berjalan dengan baik sesuai dengan Undang – undang No 7 tahun 2017, khususnya pada Pasal 51,52,53 yang menjelaskan tentang tugas dan kewajiban dan tanggung jawab mereka dalam tugas di wilayah masing – masing,” Kata Zakeus Rumpedai.

Zakeus Rumpedai juga menuturkan bahwa bimbingan teknis yang di lakukan hari ini, tentunya amat penting. Selain itu, membangun sinergitas bersama antara KPU dan anggota PPD dalam kordinasi, komunikasi secara berjenjang secara baik dalam penyelenggara Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur/Bupati/Wakil Bupati pada tahun 2024 mendatang,”Jelasnya.

Bimtek ini bukan hanya sekali ini, namun baru tahap awal kami lakukan kepada anggota PPD yang akan di sampaikan beberapa materi kepada mereka. Tidak menutup kemungkinan dalam tahapan berjalan akan dilakukan rapat – rapat kordinasi dari kami pihak KPU dengan anggota PPD di kemudian hari,”tutup Ketua KPU. (GM).

Tinggalkan Balasan