Home / HUKUM & KRIMINAL / Gawat, Ambulans Pujakesuma Asahan Kedapatan Bawa Rel Kereta Curian

Gawat, Ambulans Pujakesuma Asahan Kedapatan Bawa Rel Kereta Curian

(pelitaekspres.com) – ASAHAN – Polisi khusus kereta api (Polsuska) menemukan sebuah mobil sosial ambulans mencuri rel perlintasan kereta api Kisaran – Rantauprapat, Kamis (5/1/2023) subuh.

Mobil ambulans berlebel organisasi putra Jawa kelahiran Sumatera (Pujakesuma) Asahan ini kedapatan membawa 27 batang rel kereta api dengan berat 2 ton.

Danru Polsuska Kisaran, Tri Rohmad Hidayanto menjelaskan saat melakukan patroli, ada sebuah mobil ambulans dengan sirine menyala berhenti di pinggir rel kereta.

“Kami ga curiga kalau mereka mau mencuri. Namun, kami malah mikir apa ada orang ketabrak kereta. Jadi kami dekati,” ujar Rohmad saat dijumpai wartawan.

Jelasnya, saat di dekati, para pelaku mengacungkan sebilah parang kearah petugas dan berkata kasar. Sehingga, petugas yang melakukan patroli mengejar para pelaku.

“Yang jelas ada lima, yang tiga pegang parang. Jadi begitu nampak kami, mereka langsung mengancam dan mengacungkan parang. Dikira kami takut, kami kejar mereka kabur dan meninggalkan ambulan,” katanya.

Ujarnya, kejadian ini kerap terjadi di perlintasan Kisaran – Tanjungbalai, maupun Kisaran – Rantauprapat. Sebab, menurutnya, sudah tiga kali Polsuska mengamankan pencuri rel kereta.

“Kemarin 47 batang, kemudian 19 batang, ini 27 batang. Yang kami heran, ini panjang satu meternya 42 kilogram, kalau potongan dua meter, hampir seratus kilogram. Mereka bisa kuat mengangkatnya,” ujarnya.

Ia mengaku, ulah pelaku sangat membahayakan nyawa orang lain. Sebab, Kereta yang melintas dapat terguling akibat rel yang tidak rata.

“Yang diambil mereka ini penahan rel. Jadi kalau tidak ada penahan ini, rel akan bergetar dan perlahan akan miring dan ambles. Disitu kereta bisa terguling. Terlebih ini tkp ya di perlintasan kereta api yang cepat,” ujarnya.

Ia mengaku, saat ini akan menyerahkan temuannya ke balai teknik perkeretaapian (baltek) dan akan dilanjutkan ke Polisi. (doni)

About admin adminku

Check Also

Beli Handphone Hasil Curian, Wanita Muda Ini Diamankan Polres Lampung Timur

(pelitaekspres.com) –LAMTIM-  Polsek Waway Karya Polres Lampung Timur Polda Lampung mengamankan seorang wanita setelah  pada …

Tinggalkan Balasan