(pelitaekspres.com) -BANDARLAMPUNG – Dalam rangka melanjutkan regenerasi kepemimpinan, Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Bandar Lampung menggelar pelantikan PD IPM Bandarlampung periode 2023-2025. Jumat, (24/5/2024) di Aula KH Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Lampung. Mengusung tema Masifikasi Kader Berkemajuan, pelantikan berlangsung dengan khidmat.

Pelantikan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tamu undangan terhormat, termasuk Walikota Bandar Lampung yang dalam hal ini diwakili oleh Drs. H. Seraden Nihan, M.H., selaku asisten I bidang pemerintahan Kota Bandar Lampung. Acara tersebut turut dimeriahkan dengan penampilan Tapak Suci dan Tari Sigeh Penguten yang dibawakan oleh siswa/i yang berasal dari Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) Kota Bandar Lampung.

Dalam seremoni yang berlangsung khidmat, acara dilanjutkan dengan serangkaian pengambilan sumpah dan penandatanganan dokumen resmi serah terima jabatan oleh Ketua PD IPM Bandarlampung periode 2021-2023, Apriza Bagus Saputra, kepada Ketua PD IPM Bandarlampung periode 2023-2025, Agustiar Rinaldi Al-Qaida.

Acara dilanjutkan dengan pidato wada’ ketua umum PD IPM Bandar Lampung periode 2021-2023. Dalam pidatonya, Apriza Bagus Saputra menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung dakwah Muhammadiyah di kalangan pelajar. Ia juga menyerukan agar Pemerintah Kota Bandarlampung memberikan perhatian lebih kepada IPM dan organisasi pelajar lainnya.

“Tanpa dukungan dari ranting, dukungan dari cabang, dan dukungan dari personalia pimpinan daerah itu sendiri, IPM akan sangat merasa kesulitan dalam menjalankan program kerja,” tuturnya.

Ketua Umum PD IPM Bandarlampung periode 2023-2025, Agustiar Rinaldi Al-Qaida, dalam pidato Iftitah-nya menekankan pentingnya kembali menghidupkan tagline ASIK, yang meliputi Apresiatif, Inklusif, dan Kreatif. PD IPM Bandarlampung pada periode ini akan kembali mengoptimalkan apresiasi, menyampaikan aspirasi, mengangkat kreativitas kader IPM, serta memaksimalkan kerja sama dengan kepala AUM di Kota Bandarlampung.

“PD IPM Kota Bandarlampung kedepannya akan membawa kembali tagline pelajar ASIK, kembali lagi mengoptimalkan Apresiatif, Inklusif, dan Kreatif.”

Lucita Ageng Prayoga, sekretaris umum Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Muhammadiyah Lampung mengatakan bahwa Kota Bandarlampung adalah penyumbang kader yang paling berpengaruh di Ikatan Pelajar Muhammadiyah terutama di tingkat Provinsi.

“Menuntut ilmu itu perlu guru dan membutuhkan waktu yang lama dan sepanjang masa, maka Ikatan Pelajar Muhammadiyah ini adalah suatu tempat untuk berkarya dan menuntut ilmu,” sambungnya.

Ia juga menekankan pentingnya proses belajar dan berproses dalam kegiatan organisasi.

“Saya berpesan juga, teman-teman harus berani berproses. Oleh karena itu, konsisten berproses dalam Ikatan Pelajar Muhammadiyah,” pungkasnya.

Walikota Bandarlampung turut menyampaikan pesan dalam amanatnya secara tertulis, yang diwakilkan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Kota Bandarlampung, Drs. H. Seraden Nihan, M.H.

“IPM Bandarlampung diharapkan akan menghasilkan insan rabbani yang dilandaskan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, sehingga tercerminkan sikap bermasyarakat berbangsa yang uswatun hasanah. Berbekal potensi dasar yaitu kader yang religius, intelektual, dan humanis, IPM Bandar Lampung harus tampil terdepan guna meneruskan perjuangan amar ma’ruf nahi munkar,” tuturnya.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bandarlampung, Thabrani M. Zuhri, S.Ag., memberikan pesan dalam sambutannya. “Identitas utama Ikatan Pelajar Muhammadiyah adalah dakwah di kalangan pelajar sehingga semua aktivitas kita tidak bisa dilepaskan dari nilai-nilai dakwah.”

Beliau berpesan kepada PD IPM yang menjabat pada periode ini untuk dapat lebih menekankan nilai-nilai dakwah yang menjadi identitas dalam arah gerak IPM tanpa mengurangi atau menghilangkan nilai-nilai lainnya.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang Musyda Expo yang telah diselenggarakan pada 8-10 Maret yang lalu. Sesi pengumuman disambut meriah oleh para kader IPM yang telah berpartisipasi dalam Musyda Expo. Setelah itu, acara ditutup dengan sesi foto bersama, menandai awal dari periode kepemimpinan baru PD IPM Bandarlampung. (Rahma Fadilah/Zalfa)

 

Tinggalkan Balasan